Nasional, Uncategorized

Kemarahan Walkot Banda Aceh Saat Kotanya Disebut Paling Tidak Toleran Nomor 2

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. (Foto: Istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – Ibu kota Provinsi Aceh, Banda Aceh, menempati urutan ke-2 sebagai kota paling tidak toleran di Indonesia. Predikat tersebut didapat dari hasil survei yang dilakukan LSM Setara Institute.

Wali Kota (Walkot) Banda Aceh, Aminullah Usman, pun tidak terima dengan hasil survei tersebut. Dia menilai hal itu sangat merugikan kotanya.

“Aceh ini nama saja sudah jelas. Aceh (akronim dari) Arab, China, Eropa, dan Hindia. Dari nenek moyang sangat toleran di Kota Banda Aceh. Jangan sekarang, dari nenek moyang kita sangat toleran. Kalau tidak toleran, banyak yang bukan agama Islam di sini tidak akan bisa hidup,” kata Aminullah saat ditemui seusai pelantikan kepala desa di Gampong Pineung, Banda Aceh, Aceh, Selasa (11/12/2018).

Baca juga: Mau Buat Gedung Bioskop, Wali Kota Aceh Studi Banding Dulu ke Arab Saudi
Menurut Aminullah, Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh sering menggelar pertemuan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk mempererat kerukunan. Selama ini, kata dia, juga belum pernah ada konflik antar-umat beragama yang terjadi Kota Banda Aceh.

“Ada sesuatu hal di Banda Aceh bukan karena umat beragama, tapi antar-pribadi. Di Banda Aceh tidak pernah kita dengar terjadi (masalah antar-umat beragama). Maka saya protes berat yang dilakukan survei itu, karena itu merugikan Kota Banda Aceh,” ucap Aminullah dengan nada tinggi.

Aminullah mempertanyakan indikator, dasar, serta sampel yang digunakan Setara Institute dalam melakukan survei. Menurutnya, kerukunan umat beragama di Banda Aceh sangat penting, terutama dalam rangka menguatkan berbagai sektor pembangunan, pariwisata, membangun infrastruktur, dan mendatangkan investor.

“Jadi jangan hasil penilaian yang tidak jelas itu bisa merugikan Kota Banda Aceh,” ujarnya.

Diketahui LSM Setara Institute melansir daftar kota-kota di Indonesia yang paling toleran dan paling tidak toleran. Hasilnya, Aceh menduduki nomor dua dari bawah. Berikut ini 10 kota dengan skor toleransi terendah:

85. Sabang, 3.757
86. Medan, 3.710
87. Makassar, 3.637
88. Bogor, 3.533
89. Depok, 2.490
90. Padang, 3.450
91. Cilegon, 3.420
92. Jakarta, 2.880
93. Banda Aceh, 2.830
94. Tanjung Balai, 2.817

Baca juga: Tegakkan Syariat Islam, Pemkab Aceh Besar Larang Waria Buka Usaha atau Bekerja di Salon Kecantikan

Loading...