Ekonomi dan Bisnis, Uncategorized

Jalan Tol JKT-SBY Sepanjang 741 Km Akhirnya Tersambung

Presiden Jokowi resmikan Jalan Tol Transjawa (Foto: Fakhri)

Jurnalindonesia.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beberapa ruas Tol Trans Jawa hari ini. Dengan begitu, peresmian ini menandakan jalan tol Jakarta ke Surabaya telah tersambung.

Di Jawa Timur, Jokowi meresmikan ruas Ngawi-Kertosono (segmen Wilangan-Kertosono), Jombang-Mojokerto (seksi Bandar-Kertosono), relokasi Jalan Tol Porong-Gempol, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (seksi Pasuruan-Grati). Total jalur sepanjang 59 kilometer telah aktif di Jawa Timur.

Sementara, di Jawa Tengah, Jokowi mengkukuhkan ruas Pemalang-Batang (segmen simpang susun Pemalang-Pasekaran), Batang-Semarang (segmen Pasekaran-simpang ausun Krapyak), dan Semarang-Solo (segmen Salatiga-Kartasura). Total sepanjang 142 kilometer beroperasi di Jawa Tengah.

“Artinya Jakarta Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui kendaraan hari ini,” kata Jokowi di KM 671 Tol Trans Jawa, Nganjuk, Jawa Timur, Kamis, 20 Desember 2018.

Jokowi menjelaskan Tol Trans Jawa memiliki panjang 741 kilometer dengan titik nol di Cawang, Jakarta Timur. Hari ini dia menjajal jalur tol dari Surabaya ke Semarang dengan jarak 341 km.

Presiden ke-7 Indonesia itu berharap infrastruktur ini dapat memudahkan mobilitas warga. Keberadaan tol pun dipastikan bakal membuat ongkos logistik dan transportasi lebih murah dan cepat. Menurut dia, keberadaan tol Trans Jawa akan memberikan alternatif pilihan bagi masyatakat.

“Masyarakat juga miliki alternatif. Silakan kalo mau pakai jalan tol mau jalan lama. Saya kira alternatif pilihan perlu diberikan ke masyarakat,” pungkasnya.

Loading...