Kesehatan

5 Manfaat Susu Bagi Anak Menurut Ilmu pengetahuan

Untuk menciptakan sgenerasi maju, kita juga harus memberikan asupan yang terbaik bagi anak. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi susu. Lantas apa manfaat susu bagi anak? Jika berbicara manfaat susu bagi anak tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Karena seperti yang telah bunda ketahui banyak sekali manfaat yang diberikan oleh segelas susu untuk pertumbuhan dan perkembangan anak agar menjadi generasi maju yang cemerlang.

Susu adalah minuman yang mempunyai banyak kandungan vitamin dan gizi. Saat anak enggan mengkonsumsi makanan bergizi, maka bunda dapat memberikan segelas susu setiap hari untuk menjadi penunjang nutrisinya dan meningkatkan nafsu makan. Untuk lebih jelasnya ini lho 5 manfaat susu bagi anak.

Manfaat Susu Bagi Anak

  1. Mengandung bermacam-macam nutrisi

Susu sapi merupakan makanan yang mempunyai cukup kalori sehingga mampu menjamin perkembangan tubuh anak secara maksimal. Selain kandungan kalori, dalam segelas susu sapu juga terdapat protein yang ampuh untuk memberikan energy sepanjang hari. Kalsium yang terdapat dalam susu tentu akan berkontribusi dengan maksimal terhadap perkembangan tulang anak ditambah masih banyak lagi beragam vitamin seperti vitamin A dan B kompleks. Selain itu, kepadatan susu juga baik bagi pertumbuhan anak sejak kecil. Sehingga susu adalah salah satu sumber nutrisi wajib untuk dikonsumsi dan didapatkan oleh seorang anak sejak dini hingga dewasa sekalipun.

  1. Sumber kalsium

Dengan memberikan susu secara rutin pada anak itu artinya bunda telah mensuplai kalsium yang dibutuhkan anak untuk menciptakan pertumbuhan optimal. Susu menyediakan hingga 40% kandungan kalsium untuk memenuhi kebutuhan anak setiap hari. Dengan mengkonsumsi susu mereka akan terbebas dari osteoporosis yang mungkin saja akan menghampiri saat usia tak muda lagi. Selain baik untuk tulang, susu juga ampuh menciptakan kesehatan yang baik bagi gigi anak. Nah untuk medapatkannya tentu bunda harus pintar-pintar memilih susu yang tepat untuk anak dengan memperhatikan komposisinya.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Manfaat susu bagi anak berikutnya adalah untuk meningkatkan kecerdasanya. Segelas susu setiap hari akan memberikan tingkat kecerdasan yang baik, daya memori yang kuat, serta membantu tumbuh kembang sel otak anak. Jadi tak heran dong dokter sangat menganjurkan orang tua untuk memberikan segelas susu bagi anak setiap hari di pagi hari.

  1. Perkembangan Syaraf Otak

Manfaat selanjutnya adalah untuk perkembangan syaraf otak anak. Hal ini dikarenakan susu mengandung zat besi yang membantu merangsang pertumbuhan sel otak anak. Dalam 100 gram susu sapi mengandung energy sebesar 61 Kkal, 3.2 gram protein, dan 143 mg kalsium yang dapat membantu menyehatkan tulang, gigi, serta menunjang perkembangan syaraf otak. Dengan begitu kesehatan dan kecerdasan anak dapat bunda pupuk dengan mulai mengkonsumsi susu sejak dini.

  1. Meningkatkan Energi

Manfaat segelas susu bagi tumbuh kembang anak terakhir adalah meningkatkan energy. Energy sangat dibutuhkan anak dalam menjalani aktifitas harian mereka. So jangan lupa menyediakan segelas susu setiap pagi ya, atau bisa juga ditemani denga roti untuk menambah selera anak. Karena susu mengandung fosfor, protein, vitamin A dan juga beberapa vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan asupan vitamin, serta kekbalan tubuh dan energy.

Itu dia 5 manfaat susu bagi anak. Daripada memberikan minuman yang belum jelas manfaatnya bagi anak, lebih baik memberikan segelas susu bukan?. Toh susu di negara ini juga harganya murah.

Loading...

Berita lainnya