Nasional, Politik

Amien Rais Puji Anies Sebagai Gubernur Gagah Berani

Jusuf Kalla, Amien Rais, Zulkifli Hasan dan Anies Baswedan di acara silaturahmi dan halalbihalal PP Muhammadiyah di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (4/6/2018).

Jurnalindonesia.co.id – Acara halalbihalal Pengurus Pusat Muhammadiyah pada Rabu, 4 Juli 2018, dihadiri sejumlah pejabat seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Gubernur DKI Anies Baswedan, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Acara yang digelar di Kantor Muhammdiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, itu juga dihadiri Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, Chairman CT Corp Chairul Tanjung, Ketum Muhammadiyah Haedar Nashir dan Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

Dalam pidatonya di acara itu, Amien Rais mengkritik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) hingga menyinggung soal ganti presiden pada 2019 mendatang. Di sisi lain, Amien pun memuji Anies Baswedan dalam memimpin Jakarta.

Amien mengatakan, Presiden Jokowi telah melakukan diskriminasi, baik dari dalam politik, ekonomi, hingga agama. Pidato Amien ini sekaligus untuk ‘membantah’ pidato JK sebelumnya yang mengatakan bahwa pemerintahan sudah berhasil dalam bidang sosial, politik, dan ekonomi.

“Saya gembira, beliau bilang sebagai wapres bertanggung jawab. (Tapi) saya berbeda pendapat,” kata Amien.

Amien menilai Jokowi dalam menjalankan pemerintahan melakukan diskriminasi politik. Menurutnya, Jokowi selalu memecah belah lawan politik, namun ‘membenarkan’ kawan koalisinya. Kondisi ini dia sebut sebagai ‘koncoisme‘.

“Diskriminasi politik, temannya dibetul-betulkan. Lawannya dipecah-pecah, dilemahkan. Golkar saja gede tapi bisa diaduin. Kemudian, kita sama-sama tahu semua. Jadi ada koncoisme,” kata dia.

Selain di politik, lanjut Amien, diskriminasi juga terjadi di aspek ekonomi dan agama.

“Jadi yang besar-besar semakin nggak ketulungan, yang kecil nggak ada perbaikan. Diskriminasi, bahkan agama,” ucapnya.

Baca: Amien Rais: Ada Dajal Ekonomi di Pemerintahan yang Membuat Mereka Gagah

Atas dasar itulah Amien menyatakan tak sependapat dengan JK perihal keberhasilan pemerintahan. Karena dasar itu juga Amien menyebut dirinya semakin yakin ada pergantian presiden pada 2019 mendatang.

“Oleh karena itu saya beda pendapat dengan JK. Insya Allah (2019) ganti presiden. Kemudian saya nanti dibilang, wah Pak Amien gunakan forum untuk politik, ini bicara apa adanya,” kata mantan Ketua MPR itu.

Selanjutnya, Amien memuji Anies Baswedan selama menjabat sebagai Gubernur DKI. Menurut Amien, Anies adalah gubernur yang gagah berani. Hal tersebut terlihat dari kebijakan yang dikeluarkan Anies terkait reklamasi teluk Jakarta.

“Ini ada fenomena negara di atas negara. Pak gubernur kita yang gagah berani tentu tahu persoalannya. Reklamasi teluk Jakarta nggak ada izin, tapi luar biasa. Mangkrak, alhamdulillah. Semua dihajar, semua peraturan diabaikan. Akhirnya yang benar muncul,” kata Amien.

Baca juga: Faizal Assegaf: Amien Rais Ingin Dianggap Pahlawan dengan Selalu Salahkan Jokowi

Tercatat, ini bukan kali pertama Amien Rais melontarkan pujian ke Anies Baswedan.

Amien pernah juga sempat menyebut Anies sebagai sosok penyelamat negeri.

Hal itu dilakukan dalam acara tasyakuran satu tahun ‘Ustazah Peduli Negeri’ yang digelar di Balairung, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (24/4/2018) lalu.

Dalam acara itu Amien diberi kesempatan untuk menyampaikan ceramah. Anies pun menyalami Amien yang sedang berada di podium. Mantan ketua umum PP Muhammadiyah itu kemudian menyambut uluran tangan Anies.

“Mana saya ramal tangannya, insya Allah ini penyelamat negeri,” kata Amien menyambut uluran tangan Anies.

Ucapan Amien tersebut pun langsung disambut tepuk tangan para hadirin. Sementara Anies hanya tersenyum dan kembali ke tempat duduknya.

Baca: Pegang Tangan Anies, Amien: Insya Allah Ini Penyelamat Negeri

Selain itu, Amien juga pernah memuji Anies atas pengakuannya untuk menghentikan proyek reklamasi di Teluk Jakarta.

“Salah satu isu yang paling menonjol di negeri ini adalah apakah reklamasi Jakarta lanjut atau ditutup. Beliau (Anies) dengan senyum, dengan tenang menjawabnya,” kata Amien di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, Minggu (11/2/2018) lampau.

Baca: Terkait Reklamasi, Amien Rais Puji Anies dan Sindir Salah Satu Menteri Jokowi

Loading...

Berita lainnya