Kesehatan

Bunda Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Mimisan pada Anak

Jurnalindonesia.co.id – Seperti yang kita ketahui, bahwa tubuh anak-anak itu sangat rentan terhadap beberapa masalah. Salah satunya adalah mimisan.

Ya, saat si kecil mengeluarkan darah pada hidungnya, mungkin sebagian besar dari kita akan panik. Namun bunda tidak perlu khawatir, karena mimisan ini tidak termasuk ke dalam kondisi yang dapat membahayakan jiwa.

Meski demikian, bukan berarti juga bunda boleh menganggap remeh mimisan pada anak-anak.

Lantas, apa yang menjadi penyebab dari munculnya mimisan pada anak?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang penyebab mimisan pada anak, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Mengorek Hidung Yang Terlalu Dalam

Penyebab pertama dari munculnya mimisan pada anak adalah karena mengorek hidung yang terlalu dalam. Anak-anak memang paling hobi memasukkan jari tangannya ke bagian-bagian tubuh tertentu yang salah satunya adalah hidung. Kebiasaan si mungil yang mengorek hidungnya terlalu dalam, maka resiko mimisannya sangatlah besar. Mengapa bisa demikian? Sebab, kuku-kuku jarinya akan melukai dan merobek selaput pembuluh darah di hidung, sehingga akan terjadi mimisan.

  1. Udara Kering

Menurut para medis, udara yang kering ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada mukosa hidung, sehingga membuat pembuluh darahnya menjadi pecah. Apalagi pada lapisan hidung anak-anak, yang sangat sensitif dan rentan pecah saat mereka menghirup udara yang kering.

  1. Trauma

Penyebab berikutnya yang harus bunda ketahui dari timbulnya mimisan pada anak, yakni karena trauma. Anak-anak yang berusia 2 sampai 10 tahun terkenal dengan pergerakkannya yang lincah, dan terkesan tidak mau diam. Mengingat akan hal tersebut, maka tak heran jika mereka sering terjatuh yang membuat hidungnya sering mengalami benturan.

  1. Asap Yang Terlalu Mencolok

Selain karena udara yang kering, asap yang terlalu mencolok juga dapat mengiritasi hidung bahkan hingga membuat infeksi pada saluran pernafasan. Asap tersebut bisa tercipta karena hasil pembakaran seperti timbal, karbonmonoksida, dan karbondioksida.

  1. Adanya Benda Asing Yang Masuk

Faktor terakhir dari timbulnya mimisan pada anak-anak adalah karena adanya benda asing yang masuk ke hidung. Benda asing tersebut dapat melukai selaput pembuluh darahnya di bagian hidung.

Itulah 5 penyebab timbulnya mimisan pada anak yang harus bunda ketahui. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu tetap mengawasinya dengan baik.

Berita lainnya