Kriminal

China Pemasok Sabu Terbesar RI, Buwas: Sebab Produksi Narkoba di Sana Legal

Mantan Kepala BNN Komjen Budi Waseso.
Mantan Kepala BNN Komjen Budi Waseso.

Jurnalindonesia.co.id – Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal (Purn) Budi Waseso menyatakan Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah negara dalam upaya pemberantasan narkoba. Salah satunya China.

“Kita sudah punya banyak kerja sama dengan beberapa negara untuk berantas narkoba. Salah satunya yang paling intens dengan China. Kita sudah punya data-data jenis narkotika apa saja yang masuk ke Indonesia juga,” kata Budi Waseso di Gedung BNN, Jakarta, Senin (5/3/2018).

Budi Waseso — atau yang kerap disapa Buwas — mengungkapkan, saat ini China menjadi negara terbesar dalam mengirim barang haram tersebut.

“Pengimpor narkoba jenis sabu terbesar itu kan China. Berhubung di China menurut undang-undang produksi narkoba itu legal, nah mereka salahgunakan ini. Salah satunya dengan impor. Nah dari pemerintah China mereka sebarkan informasi ini ke kita,” ujarnya.

Baca juga: Indonesia Dibanjiri Narkoba, Fahri: Mana Presiden Kita?

Selain China, Indonesia juga bekerja sama dengan Thailand, Myanmar, Australia, Filipina, dan Australia. Ke depannya, BNN akan kerja sama dengan Arab Saudi.

Untuk Myanmar, saat ini negara yang dijuluki Tanah Emas itu bukan lagi pengekspor bahan mentah sabu. Myanmar kini telah menjadi salah satu negara penghasil sabu.

“Maka dari itu kita juga kerja sama dengan Myanmar,” ucap Buwas.

Baca juga: Polisi Tangkap Staf Setjen DPR Pengedar Sabu

Loading...

Berita lainnya