Daerah, Nasional, Sumatera Utara

Geger Baliho KB Bertuliskan ‘Banyak Anak Banyak Masalah’, Ini Kata MUI

keluarga berencana
Baliho KB yang menuai kontroversi. Foto: RMOLSumut

Jurnalindonesia.co.id – Baliho dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak (ex BKKBN) di Asahan, Sumatera Utara, menuai protes warga.

Sebagaimana dilaporkan RMOLSumut, 30 Januari 2018, baliho yang terpampang besar di Jalan Desa Sei Kamah Kecamatan Sei Dadap menjadi cibiran masyarakat lantaran seolah menyebut anak sebagai sumber masalah. Di baliho tersebut terter tulisan: ‘Banyak anak banyak masalah’. Kalimat itulah yang dipersoalkan warga.

Salah seorang tokoh masyarakat Ibnu Azhar Saragih SH menilai, kalimat tersebut tidak sepantasnya dituliskan karena seakan-akan mendahului kuasa Tuhan.

“Sudah melampaui Allah Tuhan Yang Maha Esa saya lihat BKKBN ini, persoalan rezeki itu Allah yang atur,” katanya.

Tidak hanya itu, kalimat tersebut menurutnya juga sangat melukai hati lantaran maknanya seolah menyebut anak adalah sumber dari masalah.

“Saya mengutuk keras baliho itu, saya harap dinas tersebut cepat mencopot baliho. Ini baru desa itu saja yang nampak, bisa jadi masih banyak tersebar di Desa lain di Asahan ini. Anak saya 4, saya merasa tidak mempunyai masalah akan hal itu,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Ulama (MUI) Indonesia Kabupaten Asahan, H. Salman Tanjung mengatakan, iklan layanan masyarakat yang terdapat di baliho itu kurang tepat.

“Contohnya saja saya yang mempunya saudara 9 orang, tetapi kedua orang tua saya tidak memunyai masalah akan hal itu,” ucapnya.

Loading...

Tulis pendapat anda