Daerah, DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Jawab Kebingungan Warga, Pemprov DKI Luncurkan Buku Panduan Rumah DP Rp 0

DP RP O DIGUGAT
Anies Baswedan melihat maket rumah susun sederhana milik (rusunami) DP Rp 0 di lokasi pembangunan di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018).

Jurnalindonesia.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merilis buku saku Rumah DP Rp 0. Buku tersebut berisi panduan dan semua informasi mengenai program rumah DP Rp 0.

Pemprov DKI mengklaim buku tersebut bisa memberi jawaban atas segala kebingungan warga Jakarta mengenai program andalan yang digagas Anies Baswedan dan Sandiaga Uno itu.

Di dalamnya dijelaskan soal latar belakang dan tujuan Anies-Sandi mencanangkan program tersebut. Yakni kebutuhan rumah bagi warga ibu kota yang terbilang tinggi. Sementara saat ini masih banyak warga yang mengontrak tempat tinggal.

Soal landasan hukum yang oleh banyak kalangan dinilai belum ada pada program hunian ini, lewat buku saku ini, Pemprov DKI menepis hal tersebut dengan membeberkan landasan hukum yang dipakai.

Tak lupa dijelaskan juga sasaran dari program rumah DP Rp 0 ini.

Baca: Rumah DP Rp 0, Pemprov DKI Hanya Talangi Uang Muka, Bukan Beri Subsidi ataupun Hibah

Selain itu, tahapan pelaksanaan program DP Rp 0 yang dibangun pengembang pun dijelaskan secara sederhana lewat buku saku, mulai dari developer membangun hingga memperoleh persetujuan dari bank penyalur kredit.

Persyaratan warga yang boleh memiliki rumah DP Rp 0 juga dijabarkan secara rinci di buku ini. Setidaknya ada sepuluh syarat yang harus dipenuhi, antara lain WNI berdomisili di Jakarta, belum memiliki rumah, bukti NPWP, SPT pajak hingga bukti penghasilan.

Skema penyelenggaraan rumah DP Rp 0, simulasi kredit kepemilikan, hingga bagaimana menetapkan harga jualnya pun dijelaskan dalam buku saku ini.

Buku saku ini khusus untuk rumah DP Rp 0 Klapa Village, di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Loading...

Baca: Konsep Belum Jelas, Pemprov DKI Batal Bentuk BLUD Program Rumah DP Rp 0

“Mengantisipasi nanti, rencananya bulan ini kita tuntaskan UPT dan nanti melanjutkan BLUD untuk rumah DP Rp 0 kita luncurkan pocket book rumah DP Rp 0 ini agar warga masyarakat dan media juga dalam bentuk elektronik bisa mengerti koridor-koridor rumah DP Rp 0,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).

“Yang kemarin yang dibuka pendaftarannya di kelapa village sudah melewati angka 1.000 dari total kurang lebih 100-150 unit untuk rumah DP Rp 0. Jadi kita ingin mengantisipasi kebutuhan perumahan warga dengan harga terjangkau ini bisa terealisasi tahun ini,” jelasnya.

Sandiaga mengaku telah selesai mereview buku saku tersebut. Dalam waktu dekat buku saku tersebut akan segera digandakan oleh Dinas Kominfo DKI Jakarta.

“Nanti digandakan dan diberikan oleh Kominfo,” ujar Sandi.

Baca: “Groundbreaking” Rumah DP Rp 0, Sandiaga: Awalnya Banyak yang Skeptis

Diketaui, pada Januari lalu Pemprov DKI telah meresmikan pembangunan hunian dengan DP Rp 0 bernama Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Rencananya hunian tersebut sudah bisa dipesan mulai April ini.

Total lahan untuk pembangunan hunian DP Rp 0 ini mencapai 1,4 hektar. Di lokasi ii bakal dibangun dua bangunan hunian vertikal.

Baca: [Foto] Ini Bentuk Rumah DP Rp 0 Gagasan Anies-Sandi

Loading...

Tulis pendapat anda