Daerah, DKI Jakarta, Ekonomi dan Bisnis

Pembelaan PKS Saat Program OK OCE Disebut Produk Gagal

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Achmad Yani
Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Achmad Yani (kemeja putih) saat mengunjungi permukiman warga RW 12 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, yang akan ditertibkan oleh PT KAI, Rabu (26/4/2017). (Foto: Kompas/Nursita Sari)

Jurnalindonesia.co.id – Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Achmad Yani menepis tudingan yang menyebut program One Kecamatan One Centre for Entrepreneurship (OK OCE) adalah produk gagal.

Menurut Yani, program OK OCE sangat baik untuk bisa melahirkan para wirausahawan. Selain itu, program tersebut juga bisa dijadikan sarana untuk mengentaskan kemiskinan maupun mengurangi tingkat pengangguran.

Dia mengimbau kepada pihak-pihak yang melontarkan tudingan miring tersebut untuk lebih dulu meninjau secara langsung kegiatan pelatihan dari program yang dicanangkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno itu.

“Seandainya ada berbagai kekurangan kita berikan masukan dan didorong untuk diperbaiki,” kata Yani kepada Republika, Senin (10/9).

Untuk 2018, kata Yani, program ini akan mendapat alokasi dana sebesar Rp82 Miliar. Dana itu akan digunakan untuk membangun pusat pembinaan di gedung pemerintah tingkat kecamatan.

Baca: OK OCE Habiskan Rp10 Miliar Hanya untuk Beli AC dan Menata Ruangan

“Program ini sangat baik dan perlu terus didukung,” lanjut Anggota Komisi A DPRD DKI itu.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus menuding program OK OCE sebagai produk gagal.

Menurut Bestari, sejauh ini ada 45 ribu lebih pendaftar OK OCE dan telah dicatat sebagai peserta. Namun, ternyata yang difasilitasi hingga akses permodalan baru sekitar 300 orang.

Padahal, kata Bestari, program ini telah menelan anggaran hingga Rp98 miliar di tahun 2018.

“Sisanya belum mendapatkan nasib jelas meski sudah menjalani pendidikan hingga 2,5 bulan. Makanya saya katakan bahwa ini hanya program lips service,” kata Bestari.

Baca: Anggota DPRD DKI: OK OCE Cuma Program Lip Service

Loading...

Berita lainnya