Nasional

Rocky Gerung Sebut “Kuis Ikan” Jokowi Pembodohan, Menteri Susi Sebut Istilah “Kepandaian Pandir”

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti saat melakukan dialog bersama warga dan petani tambak di Kota Kolaka. (Foto: Kompas)

Jurnalindonesia.co.id – Baru-baru ini Rocky Gerung melontarkan kritikannya terhadap kuis yang sering diadakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan ke sejumlah daerah.

Rocky menilai, apa yang dilakukan Jokowi tersebut sebagai bentuk pembodohan.

Rocky menjelaskan, bentuk pertanyaan yang diajukan Jokowi ke anak-anak hanya pada taraf menghapal, bukan mengajarkan anak-anak soal logika.

“Kini, setiap ada Presiden, dia (anak) buru-buru menghapal nama ikan. Karena itu, namanya pembodohan, dipaksa menghapal,” kata Rocky di Gedung Juang, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Baca: Kritik โ€˜Kuis Ikanโ€™ Jokowi, Rocky Gerung: Kalau Presidennya Punya Otak Gak Gitu Caranya

Ternyata, pernyataan Rocky tersebut mendapat tanggapan dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Melalui akun Twitter @susipudjiastuti, Susi mengomentari pemberitaan mengenai pernyataan Rocky yang menyebut kuis ikan Jokowi adalah pembodohan.

“Saya selalu kagum dengan pola pemikiran analityc dari seseorang. Bagaimana menginterpretasikan kata dengan kata secara intelligent dan secara estetika smart. Tetapi bila itu dipakai utk mengejek seseorang maka itu intelectual analitycal-nya akan kehilangan sisi aestetic-nya,” tulis Susi di akun Twitter-nya.

“Dan Intelektual yang tidak ada sisi aestetic-nya adalah kepandaian Pandir!…saya pikir kali ini saya benar karena intelectual is an intelligent hanya kalau menghormati keindahan, kebaikan yang memang sudah menjadi bagian darinya. Mengejek atau menghujat adalah tidak baik,” lanjutnya.

“Mohon maaf kalau saya tweet replynya jadi panjang, mencoba untuk membuat sesuatu yang stupidly sound complicated to be easier dimengerti,” pungkas Susi.

Diketahui, Presiden Jokowi memang kerap mengadakan kuis kepada masyarakat dalam kunjungannya ke daerah-daerah. Kuis tersebut antara lain meminta masyarakat untuk menyebutkan nama-nama ikan. Bagi yang berhasil menjawab, akan mendapat hadiah berupa sepeda.

Loading...

Berita lainnya