Ekonomi dan Bisnis

Setelah 94 Tahun Dikuasai Chevron, Pertamina Akhirnya Resmi Ambil Alih Blok Rokan

Blok Rokan
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar (tengah) didampingi Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial (kiri) dan Kepala SKK Migas Amin Sunaryadi (kanan) memberikan keterangan pers tentang pengumuman penetapan pengelolaan blok migas Rokan di Ruang Sarula, Gedung Kementerian ESDM, pada Selasa (31/7/2018). (Foto: Antara/HO/Humas Kementerian ESDM/Yustinus Agyl Kurniawan)

Jurnalindonesia.co.id – Pemerintah pada akhirnya memutuskan untuk menyerahkan blok minyak tersubur di RI, blok Rokan, ke PT Pertamina (Persero).

Dengan adanya keputusan tersebut, Pertamina kini resmi mengambil blok minyak setelah 94 tahun lebih dikuasai oleh Chevron Pasific Indonesia.

“Setelah melihat proposal yang dimasukkan. Pemerintah, lewat Menteri ESDM, menetapkan pengelolaan blok Rokan mulai tahun 2021 selama 20 tahun ke depan akan diberikan kepada Pertamina,” kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di kantornya, Selasa (31/7/2018).

Keputusan ini, menurut Arcandra, diambil dari pertimbangan tim 22 wilayah kerja. Pertamina akan mulai menduduki blok Rokan per tanggal 8 Agustus 2021.

Blok Rokan merupakan blok terbesar di RI yang selama 94 tahun terakhir dikuasai oleh Chevron Pasific Indonesia. Perusahaan migas asal Amerika Serikat ini, pertama kali datang ke Sumatra dan ekspedisi di lokasi tersebut pada 1924. Dan, melakukan produksi pertama pada 1952.

Produksi di PSC Rokan dimulai pada Mei 1952, saat lapangan Minas beroperasi dengan tingkat produksi awal 15.000 barel/hari. Tingkat produksi ini kemudian melesat menjadi lebih dari 100.000 barel/hari, saat pengiriman produksi dipindah dari Pakning ke Dumai. Tidak lama, produksi skala penuh di Duri dimulai pada tahun 1957.

Loading...

Selama akhir 1960-an hingga awal 1970-an, lapangan minyak yang jumlahnya tak terhitung mulai terkoneksi dengan berkembangnya pembangunan infrastruktur jalur pipa. Pada Mei 1973, produksi memuncak hingga hampir mencapai 1.000.000 barel/hari.

Kini, berdasar data SKK Migas, rata-rata produksi di blok Rokan mencapai 210 ribu barel per hari dan dikuasai 100% oleh Pertamina.

Baca juga: Tantangan Amien Rais Soal Blok Rokan Dijawab Telak oleh Jokowi

CNBC INDONESIA

Loading...

Tulis pendapat anda