Daerah, DKI Jakarta

Soal Salah Tulis di Spanduk Asian Games, Sandiaga: Manusiawi, Wartawan Saja Ada yang Masih Salah

Salah ketik pada spanduk Asian Games
Salah ketik pada spanduk Asian Games. (Foto: istimewa)

Jurnalindonesia.co.id – Spanduk-spanduk bertema Asian Games bertebaran di Ibu Kota menjelang dilangsungkannya pesta olahraga se-Asia tersebut.

Dari sekian banyak spanduk, ada beberapa yang menjadi bahan pembicaraan di media sosial lantaran ada kesalahan tulis, yang seharusnya ‘Asian Games’ tapi tercantum ‘Asean Games’.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta spanduk yang salah tulis tersebut diubah. Meski demikian, Sandi menilai kekeliruan itu manusiawi. Menurutnya, jangankan masyarakat biasa, wartawan pun ada yang menyebut ‘Asean’ alih-alih ‘Asian’.

“Ya, saya sampaikan itu harus diubah. Tapi jangan jauh-jauh, di masyarakat, tadi pagi wartawan, (minta) tolong (saya) comment, Asean Games? Kita di sini saja masih salah, media. Jadi, jangankan masyarakat, tadi, siapa pagi-pagi, teman wartawan saja (tanya) Asean Games,” kata Sandiaga di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018).

Salah ketik pada spanduk Asian Games

Salah ketik pada spanduk Asian Games. (Foto: istimewa)

Sandiaga pun meminta kesalahan itu jangan dijadikan kambing hitam untuk mendiskreditkan para pemangku kebijakan yang berkaitan dengan Asian Games.

“Ini perhelatan akbar, 10 juta rakyat kita, ratusan juta seluruh Indonesia melakukan partisipasi. Saya lihat itu ada logo Pemprov dan logo Snappy juga. Ya, tentunya ini kesalahan yang manusiawi sekali. Jangan dipakai untuk gebuk-gebukan, begitulah,” ujar Sandiaga.

“Itu bukan salah Pak Erick, bukan salah Pak Anies, apalagi salahnya Presiden, itu salahnya, salah yang sangat manusiawi. Let’s make changes, dibenerin, dibenahi dan nggak usah saling menyalahkan. Itu saja, simpel, dan dari satu juta spanduk, mungkin yang salah di bawah 3 atau 4 persen sudah alhamdulillah,” ucapnya.

Baca juga: Trik Sukses Rusia Tangani Piala Dunia Akan Sandi Terapkan untuk Asian Games

Dikonfirmasi terpisah, juru bicara Inasgoc Danny Buldansyah mengatakan bahwa pihaknya memaklumi kesalahan tersebut. Meski sudah menerbitkan guide book atau buku petunjuk soal Asian Games, namun pada praktiknya di lapangan masih ditemukan banyak yang salah cetak.

Danny pun tak mempermasalahkan dan malah mengapresiasi semangat masyarakat.

“Sebetulnya (spanduk-spanduk) itu dorongan dari Pemprov, bahkan dorongan awalnya Pak Presiden untuk mempergencar promosi, kemudian Pemprov melanjutkan dengan swadaya kelurahan-kelurahan, RT-RT/RW-RW, yang barangkali ini walaupun sebetulnya Pemprov DKI maupun Pemprov Sumsel maupun Pemprov di mana pun di seluruh Indonesia sudah punya guide book bahwa sebenarnya Asian Games 2018 segala macam,” kata juru bicara Inasgoc Danny Buldansyah kepada detikcom, Selasa (7/8/2018).

“Tapi ketika mereka nyetak bisa di mana aja, kalau kita paling tutup mata, tapi kita bilangin diganti dibetulin aja. Tapi ini animo masyarakat luar biasa, mereka swadaya,” ujarnya.

Danny mengatakan, pihaknya tak akan memberi teguran kepada pihak yang salah tulis itu. Menurutnya, kesalahan cetak tersebut tak mencoreng citra ataupun semarak Asian Games.

“Kalau kami nggak pernah memberi teguran, cuma kita bilangin kalau kita kenal kita telepon atau WhatsApp. Saya bilang nggak juga (coreng citra), nggak apa-apa tapi menurut saya kesalahan itu bisa dimaklumin, apalagi antara ‘Asian’ dan ‘Asean’ nyaru banget,” ujarnya.

Danny pun kembali mengapresiasi semangat warga untuk menyambut Asian Games. Apalagi spanduk-spanduk itu dicetak secara swadaya oleh warga.

“Intinya, diapresiasi mereka sudah mau inisiatif swadaya. Jadi kita apresiasi aja, paling kita kasih tahu,” kata Danny.

Selain salah ketik ‘Asean Games’, beredar pula di media sosial spanduk Asian Games dengan salah tulis lainnya.

Seperti yang ini contohnya:

Salah ketik pada spanduk Asian Games

Salah ketik pada spanduk Asian Games. (Foto: istimewa)

Baca juga: Penuturan PPSU yang Diminta Lukis Mural Asian Games: dari Tak Punya Skill hingga Tanpa Bonus

Loading...

Berita lainnya