Nasional

Tanggapan MUI Terkait Pernyataan Rocky Gerung Soal Kitab Suci

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi.
Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi.

Jurnalindonesia.co.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara terkait polemik pernyataan Rocky Gerung yang menyebut kitab suci adalah fiksi.

“Itu berat dan sensitif karena itu kan harus didalami. Sensitif saya kira perkataan dengan kitab suci yang berkaitan dengan keyakinan orang. Perlu melakukan pendalaman terhadap masalah itu seperti yang dimaksud Rocky. Kami ingin mendalami dahulu,” kata Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid kepada detikcom, Kamis (13/4/2018).

“Kami masih ingin mendengarkan banyak pihak apa yang terjadi di acara itu. Mudah-mudahan tidak ada polemik berkepanjangan. MUI belum membaca secara utuh jadi belum bisa memberikan pendapat lebih jauh,” lanjutnya.

Meski demikian, Zainut menyatakan bahwa Alquran bukanlah karya fiksi. Alquran adalah kitab suci dari Allah SWT yang diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW.

“Kalau menurut muslim, Alquran itu bukan fiksi tapi itu adalah wahyu Allah, Kalamullah yang jauh dari kata fiksi. Kami tidak tahu apa yang dimaksud oleh Rocky itu yang mana. Kalau bagi orang Islam Alquran itu bukan fiksi,” tegasnya.

Atas pernyataan yang menyebut kitab suci adalah fiksi, Rocky Gerung pun dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Rocky mengaku siap memberikan klarifikasi jika dipanggil oleh kepolisian.

Rocky dianggap menistakan agama lewat pernyataan itu.

Kendati demikian, Ketua Forum Umat Islam Bersatu (FUIB), Rahmat Himran, menilai tak ada yang salah dengan pendapat Rocky tersebut.

Loading...

“Fiksi bukan berarti fiktif. Sah-sah saja pernyataan RG (Rocky Gerung),” kata Rahmat kepada CNN Indonesia, Kamis (12/4).

Baca: FUIB Anggap Tak Ada Masalah dengan Ucapan Rocky Gerung Soal Kitab Suci

Hal senada juga disampaikan Kepala Humas Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Jeirry Sumampow. Menurutnya tidak ada unsur penistaan agama dalam pernyataan Rocky tersebut.

“Kami melihat tidak ada unsur penistaan dalam pernyataan Rocky Gerung itu,” katanya, Kamis (12/4/2018).

“Menurut saya tidak ada unsur penistaan agama. Melihat bagaimana dia menjelaskan perbedaan dua kata itu,” imbuhnya.

Baca: PGI: Pernyataan Rocky Gerung Tak Menistakan Agama

Loading...

Tulis pendapat anda