Politik

Unggah Foto Jokowi-Ma’ruf, Ratna Sarumpaet: Kasihan Sekali Bangsa ini

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet

Jurnalindonesia.co.id – Ratna Sarumpaet menanggapi keputusan Joko Widodo (Jokowi) memilih KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2019 mendatang.

Melalui Twitter-nya, @RatnaSpaet, Ratna mengunggah foto Jokowi tengah menggandeng Ma’ruf Amin. Keduanya mengenakan sarung, peci, dan jas dengan gaya busana sama.

Tertera di foto itu tulisan ‘Jokowi-Ma’ruf Amin, Umara-Ulama untuk Indonesia Maju’.

“Kasihan sekali bangsa ini,” tulis Ratna sebagai keterangan dari unggahan tersebut, pada Kamis (9/8/2018).

Di cuitan berikutnya, Ratna mengunggah foto Ma’ruf Amin yang disertai tulisan ‘Menolak Lupa Fatwa MUI’. Ada pula potongan berita berjudul ‘Perlu Disebarkan, Fatwa MUI: Pemimpin Ingkar Janji Boleh Tak Ditaati, dan Jangan Dipilih Kembali’ pada foto tersebut.

Ratna kemudian menuliskan opininya terkait foto tersebut.

“Politik boleh apa saja. Boleh lupa, boleh bohong, boleh munafik, bahkan boleh secara sadar menyakiti rakyat yang seharusnya ia lindungi,” tulis Ratna.

Tak hanya itu, Ratna juga mengunggah foto Jokowi dan Ma’ruf Amin yang tengah bergandengan tangan.

“Gak sampai hati rasanya menyaksikan ulama digadang-gadang seperti ini, ditunggangi semata demi ambisi kekuasaan,” tulis Ratna pada unggahannya tersebut.

Hingga kemudian salah seorang netizen pemilik akun Twitter @Pramana045034402 menanggapi cuitan Ratna tersebut. Dian menilai cuitan itu sebagai bentuk kebencian Ratna Sarumpaet yang sangat mendalam kepada Jokowi.

“Kebencian ibu sama Jokowi sudah terlalu dalam, jadi siapapun yang mendampingi Pak Jokowi dan apa pun yang dilakukannya pasti gak ada benernya di mata itu,” tulis akun Twitter @Pramana045034402.

Loading...

Cuitan tersebut kemudian dibalas Ratna. Aktivis berusia 69 tahun itu mengaku tak membenci Jokowi. Dia hanya marah kepada orang-orang di belakang Jokowi yang menurutnya tidak sadar kalau Jokowi tidak bisa memimpin negeri ini.

“Saya tidak punya alasan membenci Jokowi, aku marah pada orang-orang yang memanfaatkan ketidakmampuannya memimpin RI; marah Pada banyaknya orang-orang kayak kamu @pramana04503402 yang tidak cukup cerdas untuk mampu melihat kehancuran RI di bawah pemerintahannya yang gagal total,” cuit Ratna melalui akun Twitter @RatnaSpaet.

Baca juga: Pilih Ma’ruf Amin, Ferdinand Demokrat: Jokowi Lakukan Politisasi Agama

Sebagaimana diketahui, Jokowi telah resmi memilih Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang sekaligus Rais Aam NU, KH Maruf Amin, sebagai cawapres untuk Pilpres 2019.

“Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma’ruf Amin,” kata Jokowi dalam konferensi pers usai bertemu ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pendukungnya di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Menurut Jokowi, keputusan ini telah ditandatangani oleh sembilan ketua umum dari partai politik pendukungnya.

Adapun tokoh partai politik yang hadir dalam pertemuan ini antara lain Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Selain itu, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono.

Sedangkan sembilan sekjen yang hadir, yakni Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Paulus, Sekjen Partai Nasdem Johnny G Platte, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding.

Selain itu, Sekjen Partai Hanura Herry Lontung, Sekjen PPP Asrul Sani, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq dan Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan.

Loading...

Tulis pendapat anda