Mancanegara

Video Jenazah Saddam Hussein Utuh Cuma Hoaks, Ini Faktanya

Saddam Hussein
Saddam Hussein

Jurnalindonesia.co.id – Video makam mantan Presiden Irak Saddam Hussein dibongkar viral di media sosial. Disebut-sebut jenazah Hussein tetap utuh meski sudah 12 tahun dikubur.

Di dalam video yang tersebar di Facebook, terdengar suara dari warga yang meneriakkan kalimat takbir dan tahlil. Jenazah Hussein dibawa di dalam sebuah peti yang diatasnya dilapisi dengan bendera Irak. Setelah itu, peti dibuka dan diperlihatkan wajah Saddam Hussein yang terdapat beberapa goresan luka di wajah.

“Beberapa waktu yang lalu kuburan Saddam Husein dibuka untuk di pindahkan ke desanya, namun SUBHANALLAH mayatnya tetap utuh seperti baru dikuburkan meskipun usia wafatnya telah berlalu -+ 12 tahun lamanya, bahkan ketika wajahnya disingkap darah beliau masih terlihat sangat segar dan justru tercium darinya aroma wangi yang menyebabkan orang-orang berebutan menciumnya seraya memekikkan Takbir dan Tahlil yang terus bergema hingga beliau dikuburkan kembali setelah disholati oleh ratusan kaum muslimin yang menyaksikan prosesi pemindahan jasad beliau,” tulis deskripsi video yang beredar.

Berikut salah akun yang mengunggah video tersebut:

Setelah ditelusuri, informasi tersebut merupakan kabar bohong (hoaks). Video tersebut merupakan kejadian saat Hussein hendak dimakamkan setelah tewas dihukum gantung pada Desember 2006 lalu. Jenazahnya dibawa dari kota Baghdad menuju Tikrit.

Dikutip dari artikel CNN yang dipublikasikan pada 31 Desember 2006, seorang jurnalis CNN ikut menyaksikan saat jenazah Hussein dibawa ke Tikrit oleh pesawat militer Amerika Serikat. Dia juga menyaksikan langsung upacara pemakaman yang dihadiri keluarga dan kerabat Hussein.

Pemerintah Irak secara resmi menyerahkan jasad Hussein kepada Syeikh Ali al-Nida usai dibawa oleh pesawat militer Amerika Serikat ke Tikrit. Sebelum dieksekusi, Hussein terlihat mengenakan mantel berwarna hitam. Dia dibawa oleh tiga orang algojo bertopeng ke sebuah ruangan.

Informasi tentang jenazah Saddam Hussein mencuat lagi setelah muncul artikel yang diterbitkan oleh berbagai media asing, salah satunya media Arab Saudi Al Arabiya pada pekan lalu.

Loading...

Ditulis dalam berita Al-Arabiya, makam Saddam Hussein terkena serangan udara Irak melawan ISIS. Setelah serangan, makam tersebut rusak dan terbuka. Ada lagi isu yang menyebut anak Hussein, Hala mengambil jenazah sang ayah dan dibawa ke Yordania.

“Hala tidak pernah kembali ke Irak. Jenazah itu bisa dibawa ke tempat rahasia. Tidak ada yang tahu siapa yang memindahkannya atau di mana makam itu,” ujar seorang sumber.

Sementara itu, Daily Monitor menyebut, kelompok koalisi Hashed al-Shaabi yang ditugaskan menjaga area sekitar makam Saddam Hussein mengatakan jenazah Hussein masih berada di tempat semula.

“Jenazah (Saddam Hussein) masih ada di sana,” ujar kepala keamanan area makam Saddam Hussein, Jaafar al-Gaharawi.

Baca juga: Demi ISIS, Pejabat Kemenkeu RI Jual Rumah dan Berangkat ke Irak

DETIKCOM

Loading...

Tulis pendapat anda