Mancanegara, Sepakbola, Sport

Warga Palestina Akan Bakar Jersey Lionel Messi, Ada Apa?

Jurnalindonesia.co.id – Warga Palestina dikabarkan akan ramai-ramai membakar jersey Lionel Messi apabila sang pemain diturunkan dalam laga uji coba melawan Israel, Sabtu (9/6/2018) waktu setempat.

Gerakan pembakaran jersey Lionel Messi ini merupakan bentuk protes warga Palestina terhadap laga persahabatan antara timnas Israel melawan timnas Argentina. Laga tersebut nantinya akan bertempat di stadion Teddy Kollek, Jerussalem.

Asosiasi Sepak Bola Palestina melihat bahwa laga ini diyakini bermuatan unsur politik. Pasalnya, laga melawan Argentina disinyalir sebagai sarana mencari dukungan untuk memperkuat posisi Amerika Serikat serta Israel agar Argentina mau mengakui Jerussalem sebagai ibu kota Israel.

Seperti yang diketahui, sisi timur kota Jerusalem saat ini sedang gencar diperebutkan oleh Palestina dan Israel. Beberapa waktu lalu, amarah warga Palestina sempat tersulut menyusul sebuah pernyataan yang mengejutkan dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang menyebut bahwa Jerusalem sebagai ibukota Israel.

Amarah mereka kembali memuncak setelah mengetahui laga uji coba antara timnas Israel dan timnas Argentina dipindahkan oleh pihak otoritas Israel ke Jerusalem. Padahal sebelumnya, pertandingan itu sudah di jadwalkan akan digelar di kota Haifa.

Menanggapi kabar tersebut, Jibril Rajoub selaku Ketua Asosiasi Sepak Bola Palestina dikabarkan telah melayangkan protes kepada Claudio Tapia (Presiden Asosiasi Sepak Bola Argentina). Dalam aksi protesnya itu Rajoub menilai pertandingan persahabatan antara kedua negara ini ditengarai sebagai “alat politik” dari Amerika Serikat dan Israel.

“Pemerintah Israel telah membuat pertandingan olahraga biasa menjadi alat politik. Seperti yang terpampang di media Argentina, laga itu sekarang akan dilaksanakan untuk merayakan ulang tahun yang ke-70 Israel,” tulis Rajoub dalam sebuah surat, seperti dilansir Reuters.

Loading...

Kampanye membakar jersey dan foto Messi secara masal adalah komando langsung dari Jibril Rajoub kepada warga Palestina. Rajoub berharap Messi tidak datang, apalagi untuk bermain dan memberikan dukungan terhadap Israel pada pertandingan jelang Piala Dunia 2018 tersebut.

“Kami berharap Messi tidak akan datang. Dia adalah simbol besar sehingga kami akan menargetkannya secara pribadi dan kami memanggil semua untuk membakar foto dan jersey-nya lalu meninggalkannya,” ucap Rajoub.

Sebelumnya, pelatih Argentina, Jorge Sampaoli juga mengucapkan keberatannya atas laga tandang ke Israel. Sampaoli mengaku lebih senang bermain di Barcelona ketimbang di Israel.

“Dari sudut pandang keolahragaan, saya lebih senang bermain di Barcelona,” ucap Sampaoli.

“Tetapi begitulah adanya, kami harus melakoni perjalanan selama satu hari sebelum pertandingan melawan timnas Israel di jerusalem, dan kemudian berangkat ke Rusia,” ujarnya.

Loading...

Tulis pendapat anda