close

Cara Mudah Mengatasi Speaker Aktif Polytron Bluetooth yang Berdengung

Speaker aktif Polytron bluetooth saat ini menjadi salah satu perangkat audio yang populer. Sebab, speaker ini lebih praktis dan terjangkau harganya. Bahkan, diketahui memiliki fitur lengkap seperti USB Player, Bluetooth, dan lainnya.

Namun, apa yang terjadi apabila speaker Anda tiba-tiba berdengung? Pastinya akan terganggu dan cemas. Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara mengatasi speaker aktif yang dengung.

Cara Menangani Speaker Aktif Polytron Bluetooth Berdengung

Ada berbagai macam penyebab kenapa speaker aktif Polytron bluetooth menjadi berdengung, baik itu dari kerusakan ringan hingga berat. Pada umumnya, speaker aktif mempunyai 3 bagian utama yakni Blok Utama Amplifier, Blok Power Supply, dan Loudspeaker.

Dengan Anda mengetahui bagian-bagian ini, maka bisa lebih mudah menganalisa kerusakan yang diakibatkan adanya suara dengung. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak informasinya di bawah ini.

1. Periksa Transistor Final

Penyebab salah satu suara dengung pada speaker aktif biasanya terjadi karena transistor final mengalami sebuah kerusakan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya speaker aktif akibat menggunakan transistor.

Oleh karena itu, butuh sistem penguatannya yang bertingkat, baik itu dari preamp, driver serta final. Jika transistor mengalami yang namanya kerusakan, pasti menimbulkan suara dengung.

Oleh karena itu, dengan memeriksa apakah ada kerusakan di dalam transistor final atau tidak menjadi salah satu cara mengatasi speaker aktif berdengung. Jika ini terjadi maka Anda harus segera memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan pada loudspeaker.

2. Perbaiki Power Supply

Adanya masalah pada bagian power supply menjadi salah satu penyebab speaker aktif bersuara dengung. Umumnya, power supply adalah bagian penting yang sudah ada pada speaker aktif.

Oleh sebab itu, Anda harus mengecek bagian ini agar bisa memperbaiki suara dengungnya. Nantinya, Anda dapat mengeceknya di bagian elco. Jika bagian ini menggelembung, maka terbukti Elco mengalami kerusakan dan harus diganti.

3. Gunakan Cairan Contact Cleaner

Pengatur volume atau potensio yang rusak bisa menjadi permasalahan yang saja suara dengung pada speaker aktif. Umumnya, setiap speaker aktif menggunakan variable resistor atau potensio dalam mengatur volumenya.

Sehingga apabila komponen ini kotor dan berumur tua, maka akan mengalami masalah seperti terjadinya suara dengung. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengeceknya dengan cara memutar volume dari yang terkecil sampai terbesar.

Hal inilah yang menjadi cara untuk mengetahui apakah potensio masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jadi apabila Anda sudah mengetahui di bagian tertentu ada suara dengung saat diputar, maka kemungkinan besar potensionya mengalami masalah.

Oleh karena itu, cara menghilangkan dengung speaker aktif bisa dengan menggunakan cairan contact cleaner dengan menyemprotkannya.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan untuk Anda mengenai cara mengatasi speaker aktif Polytron bluetooth yang berdengung. Semoga informasi ini bisa membantu meringankan masalah Anda terkait speaker yang berdengung.

Tinggalkan komentar