Kelebihan dan Kekurangan Infinix Hot 10 Play

Apabila ingin menyebut smartphone yang selalu konsisten dengan kelas harga satu jutaan, maka Infinix merupakan jawaban tepatnya.

Vendor yang memiliki kantor pusat berada di Hongkong ini konsisten menyajikan seri smartphone pada kelas harga satu sampai dua juta.

Seri yang terbaru yaitu Infinix Hot 10 Play.

Smartphone yang satu ini tentunya juga memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan.

Spesifikasi Infinix Hot 10 Play

Infinix Hot 10 Play

Body Dimensi 171,8 x 78 x 8,9 mm
Bobot 207 gr
Layar 6,82 inci
720 x 1640 pixel
LCD IPS
Chipset & OS MediaTek Helio G25
GPU Mali-G52 MC2
Android 10 (Go edition), XOS 7
Memori 2GB RAM + 32GB ROM
Memori ekternal sampai 512GB
Kamera utama Dual camera 13 MP, f/1.8, (wide); AI Lens
Perekaman video hingga [email protected]
Kamera depan Single camera 8 MP, f/2.0, (wide)
Perekaman video hingga [email protected]
Baterai 6.000 mAh
Pengisian daya 10W
Fitur Dual SIM
microUSB
USB On-The-Go
Fingerprint
Audio jack 3,5mm
Harga Rp 1.349.000

Editor terkait:

Kelebihan Infinix Hot 10 Play

1. Perfoma Cukup

mediatek

Smartphone ini telah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G series, yakni Helio G25 yang dikenalkan di kuartal kedua tahun 2020.

Dengan adanya teknologi ini, membuat smartphone mampu menjaga performa, efisiensi koneksi internet dan daya.

Meskipun chipset yang satu ini belum bisa digunakan untuk bermain game dengan level kompetitif, tetapi mampu sekedar untuk bermain game kasual dengan baik dan tak perlu performa yang terlalu tinggi.

2. Kamera Oke

Setup kamera belakang milik Infinix Hot 10 Play ini tak sepopuler dengan smartphone lainnya yang berada pada rentang harga yang sama.

Pasalnya, smartphone tersebut percaya diri dengan menggunakan dua kamera ditambah lampu flash yang mempunyai 4 LED. 2 kamera belakang ini terdiri dari 1 lensa 13 MP f/1.8 serta selingkaran lagi lensa Al.

Ternyata, hasil kamera belakangnya dapat diandalkan guna dipajang pada media sosial.

Meskipun dynamic range-nya biasa saja, namun tangkapan fokusnya cukup presisi, warna yang dihasilkan terbilang natural, dan detail gambarnya juga sangat oke.

3. Layarnya Besar

Hot 10 Play telah dibekali dengan layar ukuran 6,82 inci yang spek rasionya 20,5:9. Anda akan puas ketika menonton serial atau video di panel IPS yang memiliki rasio layar banding bodi sebesar 90,66 persen.

Walaupun resolusinya masih HD+ (720 x 1640) serta berkerapatan piksel sebesar 267 ppi, namun hal itu tidak menjadi masalah.

Pasalnya, layar telah didukung dengan multitouch sampai 5 jari walaupun dilihat dari berbagai sudut. Selain itu, layar dari Infinix Hot 10 Play ini telah dilengkapi dengan lapisan oleophobic.

Sehingga, dapat memberikan kesan enak dan licin saat dipakai untuk bermain game.

4. Slot Kartu Terpisah

Sistem operasi Android Go yang dijalankan oleh smartphone ini cukup ringan dan didukung oleh beragam aplikasi yang tidak terlalu besar.

Meskipun begitu, apabila ternyata memori internal sudah penuh, Anda dapat menggunakan slot microSD khusus guna menambah kapasitas simpan.

5. Desain

Tampilan smartphone kelas entri umumnya tidak neko-neko dan apa adanya seperti pada Hot 10 Play ini. Kamera depan didesain dengan ala-ala tetesan air serta pemindai sidik jari yang ada di belakang sebagai penegasnya.

Namun, desain tersebut bukan sebuah sajian yang hanya akan dikonsumsi oleh mata saja. Pasalnya, desain pun memberikan pengalaman lain yang tidak dapat dirasakan tanpa memegangnya.

Memiliki berat kisaran 213 gram dan dimensi 171,8 x 78 x 8,9 mm, Infinix Hot 10 Play ini memang terbilang besar.

Akan tetapi, bentuknya cenderung memanjang menjadikan penggunaan dengan satu tangan pun tetap memadai. Cover smartphone ini dapat memunculkan suatu efek hologram tertentu saat diterpa cahaya.

Nah, di situ pula terdapat beragam tekstur berpola yang menjadikan bercak bekas genggaman tangan tidak terlihat.

Smartphone yang satu ini sudah menawarkan warna sebanyak empat pilihan, yaitu purple, obsidian black, morandi green, dan aegean blue.

Editor terkait:

Kekurangan Infinix Hot 10 Play

1. Hanya Satu Speaker

Hal yang disayangkan dari Infinix Hot 10 Play ini yaitu speaker yang terpasang hanya ada satu dan menyatu dengan earphone.

Sebenarnya, hal positif dari gaya satu speaker menyatu dengan earphone yaitu suara yang dihasilkan tak tertutup tangan ketika bermain game.

Akan tetapi, apabila speaker terjadi kerusakan, maka otomatis smartphone juga tak dapat dipakai untuk mendengarkan suara penelepon. Kecuali apabila Anda melakukan panggilan telepon dengan memakai headset.

2. Sistem Operasinya Belum Terbaru

Smartphone yang satu ini telah bagus karena memadukan sistem operasi ringan Android Go, chipset kelas entri MediaTek Helio G25, dan RAM 2 GB.

Akan tetapi, sistem operasi yang telah dibalut antarmuka dengan XOS 7 itu masih menggunakan basis Android 10 Go. Ini berarti bahwa Infinix Hot 10 Play tidak memiliki perubahan dengan seri pendahulunya.

3. Pengisian Cepat Belum Didukung

Fast charger

Kekurangan berikutnya yang dimiliki oleh smartphone yang satu ini yaitu kecepatan pengisian daya yang belum didukung.

Ketahanan baterai terbilang kuat dan ukurannya memang jumbo, tetapi hal tersebut tak didukung dengan teknologi pengisian daya cepat.

Padahal, chipset yang digunakan oleh Infinix Hot 10 Play ini telah dapat menghidupkan mode pengisian daya cepat.

Smartphone yang satu ini memerlukan waktu yang paling cepat untuk pengisian hingga 3,6 jam apabila mengisi daya dari 0 persen hingga penuh.

Selain itu, juga harus menggunakan adaptor 10 watt yang akan disertakan di dalam paket penjualan.

4. Port USB yang Masih Jadul

Kebanyakan smartphone low-end memanglah belum dapat beralih kepada colokan USB yang tipe C dan lebih modern. Misalnya saja seperti smartphone Infinix Hot 10 Play yang masih memakai microUSB tipe B.

Menggunakan port USB yang sedikit jadul sebetulnya bukan kendala berarti. Tetapi, kendala dapat timbul apabila Anda lupa membawa adaptor serta kabelnya saat smartphone perlu untuk dicas.

Sedangkan, smartphone milik temanmu kebanyakan telah memakai USB tipe C.

FAQ

Orang juga bertanya:

  • Apa bedanya Infinix Hot 10 dan hot 10 Play?
    Perbedaan daya betarai pada kedua ponsel ini terpaut jauh, dimana pada Infinix Hot 10 memiliki daya baterai Li-Po 5200 mAh sementara Infinix Hot 10 lebih lega yakni Li-Po 6000 mAh, dalam hal ini Infinix Hot 10 Play memang sengaja dibekali daya yang lebih besar dan diklaim mampu bertahan selama 2 hari.
  • Apakah Infinix hot 10 Play HP gaming?
    Menggabungkan kekuatan dari chip Helio G25 yang menakjubkan dan Layar Sinematik super lega 6,82 inch, INFINIX HOT 10 PLAY memastikan pengalaman pemutaran maupun perekaman video serta mobile gaming lancar dan beresolusi tinggi tetap lancar di nikmati oleh pengguna.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Infinix atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia