Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 9

Sekarang ini, mempunyai smartphone yang bagus dan harga yang terjangkau tentu menjadi impian semua orang. Salah satunya yaitu Redmi Note 9 yang merupakan smartphone generasi lanjutan dari Note 8.

Harga yang dibandrol untuk smartphone yang satu ini pun tergolong ramah di kantong, yaitu mulai dari 2 juta 499 ribu rupiah.

Dengan harga segitu, tentu ada banyak kelebihan dan kekurangannya. Mari kita simak spesifikasi dan apa saja kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Note 9 ini.

Spesifikasi Redmi Note 9

Body Dimensi 162,3 x 77,2 x 8,9 mm
Bobot 199 g
Layar kaca berlapis Gorilla Glass 5, bagian belakang dan frame plastik
Layar 6,53 inci
1080 x 2340 pixels (FHD+)
IPS LCD
Chipset & OS MediaTek Helio G85
GPU Mali-G52
Android 10, MIUI 12
Memori 4GB RAM + 64GB ROM
6GB RAM + 128GB ROM
MicroSD
Kamera utama Quad camera 48MP, f/1.8, 26mm (wide); 8MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide); 2MP, f/2.4, (macro); 2MP, f/2.4, (depth)
Perekaman video hingga [email protected]
Kamera depan Single camera 13MP, f/2.3, 29mm (standard)
Perekaman video hingga [email protected]
Baterai 5.020 mAh
Fast charging 18W
Fitur Dual SIM
USB Type-C
Sensor sidik jari
3,5mm jack headphone
Harga 4/64GB: Rp 2.099.000
6/128GB: Rp 2.499.000

Editor terkait:

Kelebihan Redmi Note 9

1. Telah Mendukung Widevine L1

Widevine dapat dikatakan cara mengukur apakah smartphone mempunyai tingkat keamanan kuat sehingga beragam konten di layanan streaming misal Netflix tak mudah dibajak.

Terdapat 3 tingkatan lisensi Widevine, yang terendah L3 ini umumnya dapat ditemukan di beberapa smartphone.

Untuk Widevine L1 merupakan tingkat keamanan yang paling tinggi. Anda pun dapat menikmati beragam konten dengan resolusi yang Full HD di Note 9.

2. Desain Bodi yang Memukau dan Kokoh

Redmi Note 9 sudah menghadirkan pelindung kaca Corning Gorilla Glass 5 di layarnya dan dibekali dengan kemampuan anti air (water-repellent) yang menjadikan smartphone mudah dibersihkan saat terkena tetesan air minum atau hujan.

Selain bodinya kokoh, ada berbagai varian warna yang menjadikannya tampak elegan yaitu Polar White, Midnight Grey, dan Forest Green.

Walaupun ketiganya disajikan tanpa corak, namun malah membuatnya cukup stylish.

3. Memori Internal Besar

Redmi Note 9 ini telah dilengkapi dengan pilihan memori internal sebesar 128 GB dan 64 GB, lalu dibalut oleh RAM 3 GB dan 4 GB.

Adanya kapasitas internal yang sebesar itu, maka Anda tak harus memilah aplikasi mana yang perlu dihapus akibat terpentok dengan kapasitas.

Tak hanya itu, memori internal dapat difokuskan hanya untuk menampung aplikasi.

Dikarenakan apabila Anda ingin menyimpan file telah disediakan juga dukungan slot microSD secara terpisah.

4. Mempunyai 3.5mm Jack Audio

Ketika beberapa smartphone terkini disajikan tanpa memiliki 3.5m jack audio, Anda dapat bangga karena Note 9 masih menyajikan port yang satu ini.

Dengan begitu, beragam perangkat audio semisal headset atau speaker dapat digunakan tanpa harus menyalakan Bloutooth di smartphone.

Pasalnya, mengaktifkan Bloutooth dapat lebih cepat memakan daya baterai.

Dengan adanya konektivitas 3.5mm jack audio ini, Anda dapat memakai headset selama mungkin dan tak harus takut baterai akan terkuras habis.

5. Peforma Cukup Baik

Walaupun Redmi Note 9 bukanlah golongan smartphone di segmen harga atas, namun bukan berarti performanya dapat diremehkan begitu saja. Smartphone yang satu ini telah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G85 dan dengan fabrikan 12nm.

Chipset tersebut terdiri 8 inti yang antara lain yaitu dua buah Cortex A75 yang kecepatannya 2.0 GHz, enam buah Cortex A55 yang kecepatannya 1.8 GHz. Kemudian, pada bagian pengolah grafis smartphone ini mengandalkan Mali G52 MC2.

Pada pasaran harga 2 jutaan, chipset yang satu ini tergolong berdaya saing tinggi dan cukup unggul. Helo G85 dapat meraih skor benchmark AnTuTu 8 dengan besar 205946.

Nah, angkat tersebut masih lebih besar dibandingkan dengan Redmi Note 8 yang menjadi generasi sebelumnya.

Editor terkait:

Kekurangan Redmi Note 9

1. Tidak Memiliki Fitur NFC

Fitur NFC

Di Indonesia, minat terhadap NFC memang belum semari di berbagai negara maju. Walaupun begitu, beberapa masyarakat perkotaan besar telah cukup terbantu dengan adanya fitur NFC untuk memudahkan berbagai hal transaksi digital serta mengecek saldo kartu eToll.

Untuk Redmi Note 9 sendiri sebetulnya telah hadir dengan fitur NFC, akan tetapi masih terbatas pada wilayah atau model tertentu saja.

Note 9 yang menyajikan fitur NFC hanya model M2003J15SG yang tak dirilis di Indonesia.

2. Fast Charging Kurang Mantab

Fast charger

Pada jaman yang semakin menuntut kecepatan pada hal apapun ini, pengisian daya baterai dengan cepat tentunya semakin diburu oleh orang.

Note 9 ini untungnya telah menyajikan kemampuan dalam fast charging. Akan tetapi sayangnya fitur yang satu ini hanya dapat mengandalkan daya sebesar 18 W yang terbilang kurang dapat mengisi baterai secara cepat.

Baterai dari Redmi Note 9 ini pun memakan waktu hingga 2 setengah jam hanya untuk mengisi daya mulai dari kosong sampai penuh.

Untuk golongan smartphone yang mempunyai fitur fast charging, maka durasi pengisian baterai pada Note 9 ini masih terbilang cukup lama.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berharap dengan pengisian daya baterai yang kilat, maka mungkin akan sedikit kecewa dengan hal ini.

3. Layar Kurang Terang

Redmi Note 9 yang menjadi smartphone keluaran tahun 2020 tentunya telah dilengkapi dengan layar mentereng yang ukurannya 6.53 inci.

Layar tersebut menyajikan panel IPS LCD yang lumayan mengurus daya baterai. Akan tetapi panel yang satu ini memang sudah umum ditemukan di segmen harga sekitar 2 jutaan.

Layar tersebut rupanya tak mempunyai tingkat kecerahan maksimal secara baik. ketika Anda mengatur kecerahannya dengan manual, maka smartphone ini hanya bisa meraih 370 nits.

Dengan tingkat kecerahan tersebut, Anda masih akan terasa kesulitan ketika melihat layar dalam ruangan di siang hari.

Apabila di set ke Auto, maka layar Redmi Note 9 dapat merah tingkat kecerahan 466 nits. Hal ini tentunya masih kalah dengan berbagai varian smartphone yang lain yang dapat mencapai 616 nits.

FAQ

Orang juga bertanya:

  • Apakah Redmi Note 9 cocok untuk gaming? Redmi Note 9 punya aplikasi Game Turbo. Fitur ini menyediakan peningkatan performa dan grafis secara otomatis.
  • Redmi Note 9 menggunakan chipset apa?
    Xiaomi Redmi 9 merupakan HP kelas menengah yang dilengkapi dengan chipset Mediatek G85.
  • Berapa harga Redmi Note 9 sekarang?
    Redmi Note 9 varian memori RAM 4 GB/64 Gb misalnya kini dijual dengan harga Rp 1.999.000 dari harga Rp 2.499.000 saat diluncurkan.
  • Berapa inch layar Redmi Note 9? Memiliki layar berukuran 6,67 inci dengan desain DotDisplay.
  • Berapa lama ngecas hp Redmi Note 9?
    Redmi Note 9 sudah mendukung fast charging 18 watt lewat port USB-C. Isi daya satu jam sudah mencapai 46%, dua jam 85%, hingga penuh yang memakan waktu sekitar tiga jam.
  • Apakah Redmi Note 9 Anti Air?
    Lapisan p2i nano-coating pada redmi note 9 hanya membuatnya tahan terhadap cipratan air.
  • Apakah kamera Redmi Note 9 bagus?Redmi Note 9 menyajikan kamera belakang dengan resolusi yang cukup tinggi, yaitu 48 MP. Dan lensa tambahan lainnya juga memiliki kualitas yang cukup baik yaitu lensa ultra wide (8 MP), makro (2 MP), dan sensor kedalaman (2 MP).
  • Apakah Redmi Note 9 ada LED notifikasi?
    Tidak Ada, sayang sekali fitur lampu notifikasi dihilangkan di Redmi Note 9.18
  • Redmi Note 9 menggunakan layar apa?
    Layar Redmi Note 9 merupakan IPS LCD berukuran 6.53 inci.
  • Apakah Redmi Note 9 bisa main genshin impact?
    Varian Redmi Note 9 telah diotaki dengan chipset Helio G85 yang cukup kuat untuk ngangkat game sekelas Genshin Impact.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia