Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro

Banyak orang yang masih penasaran dengan produk dari Xiaomi Mi 10T Pro. Hal itu dikarenakan harganya sendiri yang lebih mahal dibandingkan dengan series yang sebelumnya.

Banyak juga orang yang mengatakan bahwa produk yang satu ini termasuk memiliki spesifikasi yang cukup bagus.

Supaya tidak semakin penasaran, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.

Spesifikasi Xiaomi Mi 10T Pro

Body Dimensi 165.1 x 76.4 x 9.3 mm
218 g
Kaca di bagian depan dan belakang berlapis Gorilla Glass 5, dengan frame aluminium
Layar 6,67 inci
1080 x 2400 pixel
LCD IPS
Chipset & OS Snapdragon 865
GPU Adreno 650
Android 10, MIUI 12
Memori 8GB RAM + 128GB ROM
8GB RAM + 256GB ROM
Kamera utama Triple camera 108MP, f/1.7, 26mm (wide); 13MP, f/2.4, 123˚ (ultrawide); 5MP, f/2.4, (macro)
Resolusi video [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/120fps
Kamera depan Single camera 20MP, f/2.2, 27mm (wide)
Resolusi video [email protected], [email protected]
Baterai 5.000 mAh
Fast charging 33W
Fitur NFC
USB Type-C 2.0
Sensor sidik jari
Dual SIM
Tanpa audio jack
Harga Mulai dari US$699 (Rp 9,8 jutaan)
Editor terkait:

Kelebihan Xiaomi Mi 10T Pro

1. Dual Stereo Speaker

Apabila Anda tidak membawa earphone, maka itu bukanlah suatu masalah jika menggunakan ponsel Mi 10T Pro ini.

Pasalnya, Anda tetap bisa terhanyut dengan setiap dentungan dari nada music yang memiliki detail jernih serta bass yang menyenangkan, dengan hanya mendengarkannya lewat speaker.

Xiaomi Mi 10T Pro memang sudah menyediakan Dual Stereo Speaker yang sangat ciamik.

Tidak hanya sekedar gimmick belaka yang umumnya hanya keras pada speaker utama namun pada speaker keduanya hanya terdengar sayup-sayup saja.

Melainkan, perbandingan dari suaranya telah 1:1, dengan mengeluarkan suara yang volume dan kualitasnya sama-sama bagus.

Selain itu, sertifikasi Hi-Res Audio juga telah dikantongi produk ini. Hal itu mampu membuat pengguna semakin yakin jika kualitas suara dari produk ini bukan hanya isapan jempol belaka.

2. Layarnya Bagus dengan Refresh Rate 144 Hz

Layar panel IPS LCD yang ada pada Mi 10T Pro ini telah mengantongi laju penyegaran hingga 144 Hz, dengan begitu layar dapat melakukan refresh 144 kali dalam satu detik.

Dengan kecepatan 140 persen lebih cepat dibandingkan penyegaran 60 Hz yang biasa, maka memiliki respon 7 milidetik dari setiap perpindahan pada framenya.

Apabila ketika A nda melakukan scrolling ketika browsing atau menggerakkan karakter di game, seluruhnya akan tampak lebih mulus serta mengasyikkan.

Layarnya sendiri memiliki ukuran diagonal sebesar 6,67 inci DotDisplay serta pastinya telah menyajikan resolusi Full HD Plus.

Xiaomi Mi 10T Pro ini mengantongi sertifikasi HDR10, produk yang satu ini memiliki salah satu kemampuan pada akurasi warna yang terbaik di industri.

Kemudian juga mengusung Wide Color Gamut yang standar DCI-P3 serta Delta E dengan besar 0,63.

3. Performa Gaming yang Bagus

Kemampuan performa ponsel flagship ini tidak perlu diragukan lagi ketika digunakan bermain game maupun aktivitas berat lainnya.

Hal itu karena sudah terdapat chipset Snapdragon 865 di produk tersebut. Termasuk salah satunya SOC tergahar pada industri tahun 2021 ini.

Chipset yang satu ini telah mencakup konfigurasi CPU 8 inti dengan beberapa anggota yang menjadi satu buah Kryo 585 Prime dengan basis ARM Cortex A77.

Kecepatannya sendiri sampai mencapai 2,84 GHz. Chipset tersebut juga sangat lumrah serta diekspektasikan pada ponsel sekelas Mi 10T Pro ini.

4. Durasi Baterai Irit

Ponsel canggih yang satu ini sudah dibekali dengan kemampuan pada baterainya yang bisa bertahan lama. Hal itu karena Xiaomi Mi 10T Pro mengusung kapasitas sebesar 5.000 mAh, sehingga pengguna dapat memakai ponsel tersebut sampai dua hari dengan pemakaian normal.

Dilansir dari GSM Arena, produk ini telah meraih endurance rating dengan durasi selama 118 jam. Produk yang satu ini dapat melayani aktivitas menelepon hingga durasi 31 jam, pemutaran video selama 17 jam, dan melakukan browsing selama 18 jam 40 menitan.

Editor terkait:

Kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro

1. Tidak Terdapat IP Rating

Tidak adanya IP Rating yaitu ketahanan perangkat terhadap air pada Xiaomi Mi 10T Pro menjadi salah satu hal yang disorot oleh para konsumen.

Ternyata, ponsel flagship oleh produk yang satu ini tidak bisa tahan dengan air ataupun debu. Oleh karena itu, Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakan produk ini supaya tidak terjatuh hingga ke genangan air.

2. Tak Berbeda Jauh dengan Versi Regulernya

Dengan adanya kata “Pro” yang telah menaungi nama produk tersebut, maka tentu menandakan bahwa adanya peningkatan dibandingkan dengan yang versi regulernya. Pada Xiaomi Mi 10T Pro ini tentunya memang ada peningkatan, namun terlampaui sedikit.

Pasalnya, beberapa hal penting kentara yang membedakan Mi 10T Pro dengan Mi 10T biasa yaitu varian memori internal dan RAM, resolusi kamera utama, dan varian warnanya saja.

Oleh karena itu, perbedaan tersebut membuat konsumen cukup bingung. Mereka berpikir bahwa mempunyai varian Pro dengan harga lebih mahal kurang sepadan karena memiliki peningkatan yang terlalu sedikit.

3. Tidak Menyajikan Lensa Telefoto

Xiaomi Mi 10T Pro memang tergolong bagus ketika menghasilkan berbagai foto yang berkualitas. Akan tetapi, yang menjadi masalahnya yaitu ponsel yang satu ini hanya ditawarkan dengan Triple Kamera saja.

Hal tersebut tentunya membuat ponsel yang satu ini akan sulit bersaing dengan berbagai competitor lainnya yang telah menyajikan lensa telefoto.

Namun, Mi 10T Pro ini masih dapat melakukan zoom digital sebanyak sampai 30 kali. Sayangnya, Anda harus mencari ponsel lain apabila ingin menggunakan ponsel yang dapat zoom lossless.

4. Tidak Memakai OLED

Lagi-lagi kekurangan yang satu ini menjadikan Mi 10T Pro tampak kalah saing dengan kompetitor yang lain. Ponsel yang satu ini tidak menyajikan panel AMOLED yang rentang dinamisnya lebih luas.

Meskipun layar panel IPS LCD yang dimiliki oleh produk ini tidak dapat dianggap remeh sebab kualitasnya yang terbaik.

Akan tetapi tetap saja, karena tren yang sedang berlangsung pada kelas harga ponsel flagship seluruhnya telah memakai AMOLED serta menjadikan produk Xiaomi Mi 10T Pro ini terkesan kurang afdol.

FAQ

Orang juga bertanya

  • Berapa Harga Xiaomi Mi 10T Pro?
    Xiaomi Mi 10T Pro muncul dengan kapasitas penyimpanan RAM 8 GB dan ROM 256 GB dengan harga Rp6.999.000. Sedangkan Mi 10T Pro dengan varian 8GB/128GB ini dibanderol Rp6.499.000 untuk varian warna silver dan black.
  • Mi 10T Pro kapan rilis?
    Xiaomi Mi 10T mulai dijual di Indonesia pada hari Selasa (15/12/2020).
  • Apakah Mi 10T Pro tahan air?
    Tidak tahan air.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia