Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi k30s

Pengembang Redmi tidak pernah kehabisan akal dalam mengeluarkan versi terbaru dengan kualitas premium. Redmi k30s menjadi di ponsel yang saat ini tengah jadi perbincangan publik.

Sangat cocok digunakan untuk bermain game karena memiliki sistem dan teknis andalan. Sehingga banyak konsumen yang mencari ponsel ini karena memiliki performa yang cepat untuk bermain game.

Berikut ini informasi mengenai spesifikasi serta beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ponsel ini.

Spesifikasi Redmi k30s

Redmi k30s

Body Dimensi 165.1 x 76.4 x 9.3 mm
Bobot 216 g
Bagian depan dan belakang berlapis Gorilla Glass 5, dengan frame aluminium
Layar Panel LCD IPS
6.67 inci
1080 x 2400 pixel
Refresh rate 144Hz
Chipset & OS Chipset Snapdragon 865
GPU Adreno 650
Android 10, MIUI 12
Memori RAM 8GB + ROM 128GB
RAM 8GB + ROM 256GB
Tanpa slot microSD
Kamera utama Triple camera 64MP, f/1.9, 26mm (wide); 13 MP, f/2.4, 123˚ (ultrawide); 5MP, f/2.4, (macro)
Resolusi video [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/120/240/960fps
Kamera depan Single 20MP , f/2.2, 27mm (wide)
Resolusi video [email protected], [email protected]
Baterai 5.000 mAh
Fast charging 33W
Fitur Dual SIM
Tanpa audio jack
Fingerprint
USB Type-C
NFC
Warna Cosmic Black, Lunar Silver
Harga Varian 8/128GB – 2.599 Yuan (Rp 5,6 jutaan)
Varian 8/256GB – 2.799 Yuan (Rp 6,1 jutaan)

Editor terkait:

Kelebihan Redmi k30s

1. Ponsel dengan desain premium

Redmi selalu diakui memiliki desain yang sangat menarik seperti halnya type yang satu ini. Redmi K30s memiliki desain tubuh kaca yang dilindungi dengan Gorilla Glass 5 kemudian pada bingkainya terbuat dari aluminium.

Adanya kombinasi tersebut membuat ponsel ini memiliki kesan yang mewah dan elegan. Tampilan memang menjadi daya tarik utama yang menyebabkan ponsel tersebut akan dilirik oleh konsumen.

Desain visual yang menarik dari ponsel ini membuat konsumen terpukau karena adanya efek sedikit glossy. Sehingga bisa disebut dengan ponsel yang menawan.

2. Memiliki layar dengan kualitas 120 hz

Redmi k30s menjadi perbincangan karena kualitas layar layarnya 120 hz. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 1080 X 2400 piksel dengan tipe 6,67 inci.

Layar tersebut memiliki rasio sebesar 20 banding 9.

Karena sudah dibekali dengan pelindung yaitu berupa Gorilla Glass 5 membuat layar ponsel ini sangat terlindungi dari berbagai goresan mulai dari bersifat ringan hingga sedang.

Apabila ponsel ini terjatuh secara tidak sengaja, maka tidak akan melukai langsung LCD karena telah terlindungi dengan Gorilla Glass.

Dengan pelindung tersebut pengguna tidak perlu menggunakan pelindung layar lagi.

3. Memiliki performa yang super cepat

Ponsel ini memiliki performa yang super cepat karena sudah dibekali oleh Snapdragon 730g.

Sehingga chipset yang dimiliki Redmi k30s sangat mumpuni dan bisa mengerjakan berbagai aplikasi dan mengolahnya secara bersamaan.

Hadirnya Snapdragon 730g memberikan layar ini sangat memukau jika digunakan untuk bermain game. Sehingga pengguna bisa menikmati tampilan game yang jernih.

Saat ini game android berkembang dengan cepat. Banyak game dengan ukuran yang besar dan memerlukan grafis yang memukau.

Umumnya ponsel yang memiliki performa lemah akan membuat ponsel mengalami lag bahkan error. Berbeda dengan tipe ponsel yang satu ini. Karena hasil game memiliki grafis yang sangat jernih.

Bahkan suara juga terlihat sangat jernih. Sehingga menimbulkan kualitas yang berbeda dan tinggi ketika bermain game.

4. Memiliki pengisian super cepat

Fast charger

Meskipun memiliki baterai dengan kapasitas yang besar, ternyata ponsel ini memiliki waktu pengisian yang cepat. Hal tersebut dikarenakan ponsel ini telah dilengkapi dengan teknologi pengisian sebesar 27 w.

Sehingga hanya memerlukan waktu 68 menit saja, ponsel ini sudah bisa terisi secara penuh. Hal ini tentu saja menarik minat banyak pengguna.

Karena mereka tidak perlu menunggu lama untuk memiliki ponsel terisi penuh.

Redmi K30s termasuk memiliki fitur andalan. Karena tidak semua ponsel dilengkapi dengan teknologi pengisian sebesar itu.

Banyak ponsel dengan baterai besar dengan teknologi pengisian di bawahnya. Sehingga proses pengisian memerlukan waktu yang sangat lama.

Sungguh kualitas yang tergolong premium jika dibandingkan dengan ponsel yang lainnya.

5. Kualitas kamera yang mumpuni

Apabila berbicara mengenai kamera. Redmi K30s memiliki kamera yang super canggih khususnya pada kamera utama.

Pada bagian belakang, ponsel ini memiliki 4 kamera yang tersusun dari kamera utama berupa Sony IMX 686 kemudian ada pula kamera Ultra wide ada juga kamera makro dan kamera depth sensor.

Hasil tangkapan layar dari ponsel ini sangat jernih dan memukau.  Hal tersebut dikarenakan warna yang ada menimbulkan keseimbangan pada gambar.

Bagi yang hobi selfie, ponsel ini memberikan kualitas kamera yang premium. Hasilnya sungguh memukau. Terdapat ketajaman yang pas dan warna kontras yang menarik.

Tentu saja hal tersebut membuat hasil jepretan akan semakin maksimal. Tidak hanya itu, pengguna bisa mempercayakan penangkapan gambar dengan resolusi yang tinggi.

Editor terkait:

Kekurangan Redmi K30S

1. Daya tahan baterai terganggu

Sebenarnya Redmi k30s ini memiliki baterai yang besar. Akan tetapi dikarenakan adanya nya 2 mode refresh rate sehingga ponsel ini memiliki daya tahan baterai sedikit lemah.

Jadi, lemahnya baterai bukan karena kualitasnya tetapi karena berbagai teknologi dan fitur yang ada di ponsel ini.

Banyak pengguna yang berharap ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang lama mengingat kapasitas baterainya yang berjudul besar.

Meskipun proses pengisian cepat, akan tetapi jika daya tahan baterai terganggu, maka akan sama saja.

Namun, baterai pada ponsel ini masih dalam tahap yang wajar.

Hanya saja sedikit lebih cepat berkurang jika dibandingkan dengan ponsel Redmi yang lainnya.

2. Memiliki kamera depan dengan punch hole biasa saja

Setiap konsumen berharap bahwa ponsel ini hadir dengan kualitas yang lebih memukau dari pada seri sebelumnya. Akan tetapi, justru sebaliknya.

Redmi K30s hadir dengan kamera depan yang memukau akan tetapi tidak dibekali dengan teknologi mekanikal pop up yang bisa membuat ponsel tampil lebih modern.

Padahal, ponsel seri sebelumnya, sudah dibekali dengan teknologi tersebut. Sehingga banyak konsumen yang kurang puas dengan tampilan kamera depan.

Meskipun demikian, hasil yang diberikan tetap berkualitas dan jernih. Jadi, kekurangan tersebut hanya pada penampilannya saja.

Karena baik dalam keadaan terang maupun gelap, hasil jepretan tetap saja bagus dan stabil. Bahkan warna yang diberikan juga sangat tajam dan jernih.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia