Kelebihan dan Kekurangan Poco M3

Jika ingin mencari HP Redmi atau Xiaomi dengan harga terjangkau tetapi spesifikasi cukup mumpuni, Poco M3 bisa jadi pilihan yang tepat.

HP kelas mid-range ini dibanderol dengan harga yang terjangkau menawarkan spesifikasi mumpuni. Pemakaian prosesor dan RAM bisa dikatakan sangat mumpuni untuk harganya.

Walaupun begitu, ada juga kekurangan khas HP mid-range yang biasa ditemui di HP ini.

Spesifikasi Poco M3

Poco M3

Body Dimensi 162.3 x 77.3 x 9.6 mm
Bobot 198 g
Layar berlapis Gorilla Glass 3, bagian belakang dan frame plastik
Layar 6.53 inci
1080 x 2340 pixel
LCD IPS
Chipset & OS Chipset Snapdragon 662
GPU Adreno 610
Android 10, MIUI 12
Memori 4GB RAM + 64GB ROM
6GB RAM + 128GB ROM
Kamera utama Triple camera 48MP, f/1.8, (wide); 2MP, f/2.4, (macro); 2MP, f/2.4, (depth)
Resolusi video [email protected]
Kamera depan Single 8MP, f/2.1, (wide)
Resolusi video [email protected]
Baterai 6.000 mAh
Fast charging 18W
Fitur USB Type-C
Sensor sidik jari
Dual SIM
Audio jack 3,5mm
Harga 4/64GB : Rp 1.799.000
6/128GB : Rp 2.199.000

Editor terkait:

Kelebihan dari Xiaomi Poco M3

1. Chipset yang Berkualitas

Poco M3

Kelebihan pertama dari Xiaomi Poco M3 adalah keberadaan Chipset yang mumpuni untuk rentang harganya yaitu Snapdragon 662 fabrikasi 11nm. Cocok dimainkan untuk game ringan hingga menengah. Selain itu, adanya GPU Adreno 610 cukup menunjang kualitas grafisnya agar menghasilkan tampilan yang mumpuni. Jadi, kinerja dari chipset ini cukup berkualitas.

2. Sudah memakai UFS 2.1

Kelebihan kedua dari HP ini adalah penyimpanan internalnya yang sudah bertipe UFS 2.1. Tipe penyimpanan ini mendukung kinerjanya lebih baik dibandingkan EMMC. Kapasitasnya juga cukup besar antara 64 GB hingga 128 GB. Jadi, pengguna bisa menyimpan file berukuran besar dalam jumlah banyak tanpa harus takut kehabisan kapasitas.

3. Ada Slot MicroSD

Poco M3

Kelebihan ketiga dari HP ini adalah keberadaan slot microSD. Meskipun tidak begitu diperhatikan, namun hal ini masih penting untuk sebagian orang terutama yang menggunakan varian 64 GB. Adanya microSD membuat file yang berukuran besar bisa disimpan di sana tanpa harus membebani kinerja memori internal lagi. Jadi, performa HP bisa lebih stabil.

4. RAM dengan kapasitas yang Cukup Besar

Xiaomi Poco M3 memiliki RAM dengan kapasitas yang cukup besar di rentang harganya yaitu antara 4 hingga 6 GB. Jadi, untuk multitasking game ringan dan sosial media bisa dijalankan dengan lancar tanpa ada kendala. Kapasitas RAM yang cukup besar ini menunjang performa chipset dan memori internalnya agar tetap lancar dan stabil.

5. Kapasitas Baterai yang Sangat Besar

Poco M3

HP ini juga memiliki kapasitas baterai yang sangat besar yaitu 6000 mAh. Jadi, bisa digunakan untuk bermain game atau menjalankan berbagai sosial media dalam waktu yang lama tanpa takut kehabisan daya. Tidak perlu bingung lagi mencari tempat charging jika kebetulan sedang di luar. Sistem pengisiannya juga cepat berkat Fast Charging 18 W.

6. Desain yang Unik

Poco M3

Desain Xiaomi Poco M3 sangat unik terutama pada bagian belakangnya. Modul kamera belakangnya yang memenuhi bagian atas dengan warna pastel membuatnya seperti karakter Among Us. Jadi, HP ini sangat menarik perhatian jika dibawa ke tempat umum. Bagian layar depannya sendiri sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 3 agar terlindung dari goresan.

7. Resolusi Kamera yang Cukup Besar

Poco M3

Meskipun harganya murah, HP ini memiliki resolusi kamera yang cukup besar yaitu 48 MP aperture f/1.8. Tentu saja dengan adanya resolusi ini, foto yang dihasilkan bisa beresolusi tinggi. Selain itu, perekaman video juga bisa mencapai FHD. Jadi, kualitasnya cukup memuaskan dalam rentang harganya.

8. Adanya Jack Audio

Salah satu keunggulan yang dimiliki Xiaomi Poco M3 adalah keberadaan Jack Audio. Meskipun hal ini sebenarnya tidak begitu diperhatikan, tetap saja penting karena banyak HP yang sekarang menghilangkannya. Dengan jack audio, pengguna bisa menggunakan earphone lebih mudah.

Kekurangan dari Xiaomi Poco M3

1. Tipe layar masih memakai IPS

Kekurangan pertama dari Xiaomi Poco M3 adalah layarnya yang masih memakai panel IPS. Meskipun wajar mengingat harganya yang sangat terjangkau, hal ini membuat saturasi warnanya tidak seakurat panel AMOLED. Jadi, kurang enak dipandang lama-lama.

Selain itu, layar HP ini masih memiliki refresh rate 60Hz sehingga gerakan tampilannya terbilang standar. Tidak semulus HP lain yang layarnya sudah memiliki refresh rate 90Hz atau bahkan 120Hz.

2. Belum ada NFC

Poco M3

Kekurangan kedua dari Xiaomi Poco M3 adalah belum ada NFC. Meskipun kelihatannya tidak begitu diperhatikan, tetapi hal ini tetap penting. Apalagi ada dari merek lain dengan harga yang sama sudah menyediakan NFC.

Adanya NFC tentu akan membuat smartphone ini bisa digunakan untuk transaksi e-card di berbagai tempat. Cukup disayangkan memang ketiadaan NFC meskipun harganya sangat terjangkau.

3. Kualitas Kamera Standar

Kekurangan ketiga dari smartphone ini adalah kualitas kameranya yang standar. Meski resolusinya besar, lensanya masih belum ada stabilisasi baik EIS apalagi OIS. Jadi, pengambilan foto maupun video tidak bisa dilakukan dengan stabil. Kalau tangan bergetar sedikit maka foto maupun video yang diambil akan blur.

Selain itu, perekaman video yang bisa diambil mentok di resolusi FHD 30fps. Jadi, tidak begitu tinggi meskipun resolusi kameranya terlihat besar. Untuk fiturnya sendiri terbilang minim. Hanya ada HDR, Panorama, dan juga Flash untuk menunjang pemotretan foto maupun perekaman video.

4. Performa yang Kurang Kencang

Kekurangan terakhir dari HP ini adalah performanya yang kurang kencang. Hal ini sebenarnya wajar sebab chipsetnya masih menggunakan Snapdragon 662. Jangan harap game berat yang membutuhkan performa tinggi bisa dimainkan di sini karena kinerja chipsetnya tidak akan mumpuni. Grafik akan patah-patah sehingga tidak bisa bermain game dengan nyaman.

Selain itu, pemakaian untuk bermain game dalam jangka waktu lama juga akan membuat suhu Xiaomi Poco M3 meningkat. Tentu saja hal ini disebabkan kinerjanya yang terlalu dipaksakan. Meskipun begitu, hal tersebut bisa dimaklumi karena harganya sendiri juga terjangkau. Belum ada sistem cooling memadai seperti HP lain.

FAQ

Orang juga bertanya:

  • Poco M3 Snapdragon berapa?
    Chipset yang digunakan Poco M3 adalah Snapdragon 662, yang merupakan seri chipset HP entry level yang hampir mendekati kelas mid-range.
  • Poco M3 Apakah HP gaming?
    Tanpa harus beli HP mahal, Anda pun sudah dapat merasakan performa gaming yang tangguh berkat kehadiran POCO M3.
  • Kapan Poco M3 rilis di indonesia?
    Xiaomi Indonesia akan merilis Poco M3 di Indonesia hari ini Kamis (21/1/2021) pukul 19.30 WIB.
  • Dimana letak sidik jari Poco M3?
    POCO M3 telah dibekali sensor sidik jari yang dibenamkan pada tombol power di sisi samping.
  • Poco M3 warna apa aja?
    Hitam, Putih, Merah, Kuning, Hijau, Biru.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia