Kelebihan dan Kekurangan Redmi 7

Langkah Xiaomi yang menjadi brand dengan fokus sebagai ponsel murah ini tentunya sangat menarik. Terlebih lagi saat brand tersebut mengeluarkan ponsel yang banyak menyita perhatian seperti Redmi 7.

Produk yang satu ini sudah resmi dijual di seluruh daerah di Indonesia. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yaitu sekitar 1,8 jutaan.

Dengan harga segitu, tentunya Anda akan menemukan berbagai kelebihan maupun kekurangan pada produk tersebut.

Spesifikasi Redmi 7

Layar 6,26 inci, rasio aspek 19,9
Resolusi 1.520 x 720 piksel (HD)
Dimensi 158.73 x 75.58 x 8.47 mm, 180 g
4 sided curved back cover
Kamera Belakang:
12 megapiksel, f/2.2
2 megapiksel, f/2.2 depth sensorAI scene detectorDepan:
8 megapiksel, f/2.0, AI beautfy 4.0
Chipset Snapdragon 632 dengan octa-core CPU 1,8 GHz, Kyro 250 core
GPU Adreno 506
Baterai dan siftware 4.000 mAh
Android 9 Pie + MIUI 10
Memori RAM 2GB/16 GB
RAM 3 GB/32 GB,
ekspansi 512 GB microSD
Koneksivitas dan fitur lain AI Face Unlock
Pemindai sidik jari konvensional
microUSB
Dual nano SIM
Bluetooth 4.2
Harga dan warna Comet Blue, Lunar Red, Eclipse Black
Rp 1.599.000 (RAM 2GB/16 GB)
Rp 1.899.000 (RAM 3 GB/32 GB)

Editor terkait:

Kelebihan Redmi 7

1. Sensor Biometrik yang Cepat

Produk yang satu ini mempunyai sensor sidik jari serta pemindai wajah. Untuk sensor sidik jari termasuk yang cepat.

Sedangkan, untuk pemindai wajah pun termasuk yang bagus walaupun memiliki respon yang tak secepat dari sensor sidik jari.

Akan tetapi, secara keseluruhan kedua sensor yang ada bisa berjalan dengan efektif.

2. Daya Tahan Baterai Lama

Hal yang paling disukai oleh masyarakat terhadap produk ini karena memiliki kapasitas baterai yang bisa bertahan lama. Pasalnya, Redmi 7 ini dihadirkan dengan baterai sebesar 4.000 mAh.

Dengan adanya pemberian kapasitas baterai yang besar tersebut membuat produk ini mempunyai 2 hal menarik. Pertama, seri Redmi yang biasanya hara satu jutaan kini mempunyai baterai kapasitas besar.

Kedua, pada kelas harganya, jarang mendapati ponsel satu jutaan dengan kapasitas baterai yang besar.

Memang terdapat beberapa ponsel lain dengan harga satu jutaan yang mempunyai baterai kapasitas lebih besar.

Akan tetapi, umumnya ponsel tersebut awalnya mempunyai harga dua jutaan lebih serta mengalami penurunan harga.

Pada produk Redmi yang satu ini bisa bertahan hingga 13 jam 54 menit dengan pemakaian menonton film secara terus-menerus dengan tingkat kecerahan standar.

3. Kamera Selfie Al yang Bagus

Redmi 7 ini dihadirkan dengan kamera depan 8 MP. Kamera tersebut mempunyai bukaan f/2.0 serta telah didukung oleh fitur HDR. Disisi lain, kamera pada produk ini juga mendukung rekaman video yang full HD dengan 30 fps. Walaupun kamera dengan 8 MP ini sendiri secara angka terlihat kurang meyakinkan, tetapi ternyata untuk kamera selfienya tergolong cukup bagus.

Foto selfie akan semakin terlihat lebih bagus lagi saat diambil dengan mode Al Beauty. Nantinya, hasil foto memang tak sekeren fitur Al Selfie yang terdapat pada ponsel Vivo atau Oppo, namun untuk kelas harganya sendiri tentu sudah tergolong cukup bagus.

4. Kemampuan Prosesor yang Cukup Baik

Produk yang satu ini sudah dilengkapi dengan chipset Qualcomm, Snapdragon 632 yang menjadi penerus dari Snapdragon 625. Chipset ini mempunyai kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Hal tersebut bisa dilihat dari nilai Antutu yang diperoleh produk hp ini yang mencapai hingga angka 104 ribuan.

Dengan nilai ini, Redmi 7 telah termasuk layak digunakan untuk bermain game populer.

Bahkan, digunakan untuk bermain game seperti Mobile Legend pun bisa berjalan dengan baik. produk yang satu ini dapat berjalan dengan grafis yang pas-pasan serta fps di 30 an.

Editor terkait:

Kekurangan Oleh Redmi 7

1. Speaker yang Kurang Nendang

Redmi 7 mempunyai dual speaker yang terdapat pada bagian bawah dari ponsel, mengapit porm micro USB. Dengan adanya speaker yang tergolong cukup bagus tersebut, tetapi sayangnya untuk audio masih terasa kurang nendang. Padahal sudah dilengkapi dengan dual speaker. Akan tetapi, apabila mengingat lagi dengan kelas harganya, maka kekurangan semacam ini masih dapat dimaklumi.

2. Bodi Masih Plasik

Hal yang sangat menyebalkan dari ponsel yang harganya satu jutaan yaitu penggunaan bodi plastik. Hal ini memang tidak dilarang namun sepertinya tak banyak vendor yang bersedia menghadirkan ponsel murah dengan bodi yang bagus dan kokoh. Kalaupun ingin plastic, setidaknya dapat dipoles kembali supaya lebih baik.

3. Desain Berbeda Namun Membosankan

Hal yang bisa diapresiasi dari ponsel Redmi 7 ini salah satunya pada desain yang tampak berbeda dengan seri yang sebelumnya. Dimana beberapa seri yang sebelumnya mempunyai garis desain yang sama, oleh karena itu membuat desain dari Redmi selalu dibilang membosankan.

Nah, pada Redmi 7 ini sudah tidak mempunyai desain yang mirip dengan beberapa seri yang sebelumnya. Pasalnya, desainnya kini sudah terlihat mengkilap seperti pada desain ponsel lain yang kekinian. Namun sayangnya, desain yang mengkilap tersebut terbilang terlalu umum serta membuat produk yang satu ini tetap terlihat biasa saja.

4. Kamera Belakang yang Kurang Maksimal

Produk yang satu ini sudah dibekali oleh kamera belakang 12 MP yang bukaan f/2.2. Selain itu, terdapat pula kamera 2 MP yang fungsinya untuk depth sensor atau memberi efek bokeh. Nah, dari kombinasi kamera belakang tersebut dapat menghadirkan foto yang sebetulnya tidak dapat dibilang jelek, namun masih jauh dari kata bagus.

Hasil jepretan kamera dari produk ini masih terasa kurang maksimal. Kontras pada warnanya sedikit lebih terlihat muram daripada yang aslinya. Selain itu, detailnya juga sedikit kurang terlihat baik. sedangkan, untuk fitur mode malam pada kameranya hasilnya tidak terlalu bagus. Namun, tentu hal ini bisa dimaklumi karena harganya yang sangat terjangkau.

Dikarenakan alasan ini juga, produk Redmi 7 dapat dikatakan mempunyai sektor kamera yang baik namun hasilnya kurang maksimal. Tetapi sekali lagi, terlepas dari hal tersebut, sektor pada bagian tersebut masih masuk dalam kategori sedang, alias tak buruk tapi juga tak terlalu bagus.

FAQ

Orang juga bertanya:

  • Redmi 7 keluaran tahun berapa?
    Redmi 7 merupakan produk keluaran Xiaomi yang resmi diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2019 silam.
  • Apakah Redmi 7 sudah Type C? Belum.
  • Apakah Redmi 7 support fast charging?
    Redmi 7 memang belum mendukung fast charing Quick Charge
  • Apakah kamera Redmi 7 bagus?
    Redmi 7 hadir dengan kamera depan 8 MP. Kamera ini memiliki bukaan f/2.0 dan sudah mendukung fitur HDR.
  • Apakah Redmi 7 bisa Gyroscope?
    Jawab: Tidak, ponsel ini tidak memiliki sensor Giroskop secara hardware, jika ada maka itu hanya virtual (software).
  • Xiaomi Redmi 7 Apakah ada NFC? Tidak Ada.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia