Kelebihan dan Kekurangan Redmi 8A

Seri Redmi menjadi jenis smartphone Xiaomi yang dijual dengan harga paling terjangkau.

Jadi, target marketingnya bisa sampai ke berbagai kalangan. Salah satu smartphone di lini ini adalah Redmi 8A.

Spesifikasi yang ditawarkannya cukup menarik mengingat rentang harga terjangkau.

Terdapat juga berbagai kekurangannya yang dapat dimaklumi mengingat keterjangkauan harganya.

Spesifikasi Redmi 8A

Nama model Xiaomi Redmi 8A
Kode produksi
Segmen pasar Entry level
Diperkenalkan September 2019
Dirilis resmi September 2019
Jaringan GSM/ HSPA/ HSDPA/ WCDMA/ LTE (LTE-FDD, LTE-TDD)/ VoLTE HD
Eksternal
Dimensi 156,48 x 75,41 x 9,4mm
Berat 188 gram
SIM Card Dual SIM Card (Nano SIM, dual stand-by)
Layar
Jenis IPS LCD (capacitive touchscreen)
Ukuran 6,22 inci (screen-to-body ratio 81,3%)
Resolusi 720 x 1520 pixel HD+ (~270 ppi)
Perlindungan Corning Gorilla Glass 5, Splash resistant P2i nano-coating
Model Bezelless dengan waterdrop notch (dot notch display), support Sunlight mode, Standard mode, Night mode, Reading mode, Color temperature adjustment
Internal
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
User Interface (UI) MIUI 10
Chipset Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
Prosesor Octa-core (2×1.95 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53)
Kartu grafis Adreno 505
ROM eMMC v5.1 32GB (dapat ditambah sampai 512GB menggunakan microSD)
RAM LPDDR3 2GB/ 3GB
Kamera, Speaker, Sensor
Depan 8MP
Fitur HDR, panorama
Belakang 12MP
Fitur Dual-PD PDAF, LED flash, HDR, panorama
Loudspeaker Ya
Port jack 3,5mm Ya
Sensor utama AI Face unlock, Ambient Light Sensor, Proximity Sensor, Electronic Compass, Accelerometer
Sensor sidik jari Tidak
Konektivitas
WLAN 2.4G WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, WiFi Display, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
USB Type-C Port 1.0 reversible connector, USB On-The-Go, USB 2.0
NFC Tidak
GPS AGPS, Glonass, BeiDou
Radio Wireless FM Radio (built-in antenna)
Baterai
Jenis Non –removable Lithium Polymer
Kapasitas daya 5000 mAh (support fast charging 18W)
Warna Midnight Black, Ocean Blue, Sunset Red
Harga INR6499 atau sekitar Rp1,286,618

Editor terkait:

Kelebihan Redmi 8A

1. Aman dari Cipratan Air

Kelebihan pertama yang dimiliki Redmi 8A adalah tahan cipratan air. Hal ini menjadikan keunggulan tersendiri karena belum banyak handphone lain di rentang harga yang sama bisa tahan cipratan air. Pengguna jadi bisa membawa smartphone ini ke tempat yang rawan cipratan air seperti dalam kondisi hujan. Tidak perlu khawatir lagi kalau nanti komponen akan rusak.

2. Layar yang Berkualitas

Layar yang dimiliki oleh smarphone redmi ini sebenarnya sudah cukup baik dengan rasio 19:9. Hal tersebut membuat konten yang ditampilkan layar lebih banyak. Kontras warna beserta akurasinya tergolong cukup baik di rentang harganya. Agar terhindar dari goresan, ada proteksi Corning Gorilla Glass 5. Proteksi ini juga menjadi keunggulan tersendiri.

3. Sistem Pengisian Baterai yang Cukup Cepat

Handphone ini dibekali dengan Fast Charging 18W. Hal ini cukup memuaskan karena pengisian baterai bisa dilakukan lebih cepat. Tidak perlu menunggu waktu yang sangat lama agar baterai berkapasitas besarnya terisi penuh. Meski begitu, charger bawaannya hanya 10W sehingga harus memberi charger lain berkapasitas 18W.

4. Desain yang Berkualitas

Desain yang dimiliki oleh Redmi 8A terbilang cukup berkualitas untuk rentang harganya. Sebagai HP di rentang harga terjangkau, desain belakangnya sangat menarik dan tidak terlihat murahan. Selain itu, ketebalan 9,4 mm, bobot 188g, dan bagian sudut yang melengkung membuat handphone redmi ini sangat nyaman untuk dibawa.

5. Konektivitas Cukup Lengkap

Handphone ini memiliki konektivitas cukup lengkap untuk rentang harganya yang terjangkau. Terdapat port jack Audio dan USB OTG. Port jack audio ini membuatnya mudah dihubungkan ke berbagai earphone atau headset. Sedangakan USB OTG membuatnya bisa dihubungkan ke berbagai perangkat lain seperti card reader, flashdisk, dan keyboard.

6. Menggunakan USB Type-C

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Redmi 8A adalah sudah memakai USB Type-C. Hal ini sangat memuaskan mengingat harganya yang cukup terjangkau. Padahal, HP dari vendor lain di rentang harga yang sama masih memakai port tipe micro-USB. Hadirnya USB Type-C membuat proses pengisian baterai jauh lebih mudah.

7. Performa Standar

Performa yang dimiliki HP ini terbilang standar untuk rentang harga terjangkau. Smartphone redmi ini memiliki Chipset Snapdragon 439 yang dibekali RAM berkapasitas 4 GB dan penyimpanan internal eMMC 5.1 64 GB. Hal tersebut membuat performanya mencukupi untuk kebutuhan sosial media atau bermain game yang ringan.

8. Kapasitas Baterai Besar

Kapasitas baterai yang dimiliki Redmi 8A terbilang cukup besar yaitu 5000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, handphone tersebut mampu menyisakan kapasitas hingga 50% untuk pemakaian wajar selama sehari penuh. Kapasitas baterai sebesar ini juga jarang di temui pada HP lain dalam rentang harga yang sama.

Editor terkait:

Kekurangan Redmi 8A

1. Infrared Blaster Tidak Ada

Kekurangan Redmi 8A yang bisa dirasakan secara langsung adalah tidak ada infrared blaster. Ponsel Xiaomi, terutama lini Redmi sendiri selalu memiliki fitur ini. Cukup disayangkan fitur ini tidak dihadirkan karena sangat berguna sebagai remote control berbagai perangkat tertentu.

Pada dasarnya, fitur infrared blaster sendiri tidak begitu penting. Meski begitu, fitur ini sudah menjadi ciri khas ponsel lini Redmi sejak dulu. Sudah seharusnya fitur ini ditambahkan pada setiap HP meski dengan harga terjangkau. Setidaknya, keberadaan infrared blaster membuat fitur yang disajikan lebih banyak.

2. Kualitas Kamera Kurang Baik

Seperti smartphone lain dengan harga terjangkau pada umumnya, kualitas kamera Redmi 8A juga kurang baik. Kamera belakangnya hanya terdiri dari satu lensa beresolusi 12 MP aperture f/1.8. Kualitasnya terbilang standar ketika pemotretan di siang hari atau cahaya mencukupi.

Ketika memotret pada malam hari atau kondisi minim cahaya, kualitas foto akan berkurang. Banyak noise di mana-mana dan terlihat kasar. Hal ini sangat disayangkan di mana kualitas foto saat cahaya minim sebenarnya bisa dimaksimalkan lagi melalui peningkatan software bawaan.

3. LED Notifikasi Tidak Ada

Kekurangan lain yang bisa dirasakan dari handphone seri Redmi ini adalah tidak hadirnya LED Notifikasi. Hal ini sangat disayangkan mengingat peranannya yang begitu penting untuk mengecek notifikasi masuk saat layar kondisi terkunci. Tidak adanya fitur ini membuat pengecekan notifikasi harus dilakukan manual.

Padahal, jika fitur ini ada maka pengecekan notifikasi bisa dilakukan secara langsung. Fitur ini masih dibutuhkan kebanyakan pengguna smartphone untuk mengetahui jika ada notifikasi masuk. Oleh karena itu, sudah seharusnya LED Notifikasi tetap ada meskipun harga smartphone ini terjangkau.

4. Charger Bawaan masih 10W

Kekurangan dari smartphone Redmi ini adalah charger bawaan dalam paket pembeliannya masih 10W. Hal ini membuat pengisian baterainya lebih lama mengingat kapasitasnya sudah besar. Untuk mengisi baterai hingga penuh membutuhkan waktu 2,5 jam sehingga sangat lama.

Padahal, Redmi 8A sendiri sudah mendukung Fast Charging 18W. Jadi, pengisian baterai bisa dilakukan dalam waktu lebih cepat daripada 10W. Hal ini membuat pengguna harus membeli charger 18W sendiri. Jadi, harus mengeluarkan biaya tambahan lagi sehingga sangat merepotkan.

FAQ

Orang juga bertanya:

  • Apakah Redmi 8A cocok untuk game?
    Dengan dukungan Snapdragon 439 dan baterai 5.000 mAh, Redmi 8A Pro adalah perangkat yang cocok kamu andalkan untuk gaming.
  • Apakah Redmi 8A bisa main PUBG?
    Hp murah Xiaomi redmi 8A ini masih mampu memberikan frame rate yang nyaman untuk bermain di mode normal.
  • Kenapa Redmi 8 Pakai Snapdragon 439?
    Lu Weibing menjelaskan bahwa Snapdragon 439 yang ada pada Redmi 8 mampu mencapai kinerja yang mirip dengan Snapdragon 625.
  • Apakah chipset Snapdragon 439 bagus untuk gaming?
    Snapdragon 439 merupakan salah satu chipset Snapdragon 400 Series yang ditujukan untuk pasar smartphone kelas low-end maupun entry-level. Peforma dari chipset ini cocok untuk multimedia sedang dan gaming ringan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia