Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8

Sebagai salah satu lini ponsel dari Xiaomi, Redmi terus merilis berbagai smartphone terjangkau dengan spesifikasi mumpuni.

Salah satunya adalah Redmi Note 8. Smartphone besutan Redmi ini memiliki kamera dengan hasil foto dan video yang bagus untuk harganya beserta kelebihan lain.

Meski begitu, masih ada kekurangan yang masih bisa dimaklumi karena tidak mengganggu penggunaan.

Spesifikasi Redmi Note 8

Body Dimensi 158.3 x 75.3 x 8.4 mm
Bobot 190 gr
Layar 6,3 inci
2340 x 1080 FHD+
LCD IPS
Memori 3GB RAM + 32GB ROM
4GB RAM + 64GB ROM
6GB RAM + 128GB ROM
Chipset & OS Snapdragon 665
GPU Adreno 610
Android 9.0 (Pie), MIUI 12
Kamera utama Quad camera 48MP, f/1.8, 26mm (wide); 8MP, f/2.2, 13mm (ultrawide); 2MP, f/2.4, (macro); 2MP, f/2.4, (depth)
Resolusi video [email protected], [email protected]/60/120fps
Kamera depan Single camera 13MP, f/2.0, (wide)
Resolusi video [email protected]
Baterai Baterai
Fast charging 18W
Fitur Corning Gorilla Glass 5
USB Type-C
Dual nano SIM
Audio jack 3,5mm
Harga 3/32GB : Rp 1.949.000
4/64GB : Rp 2.149.000
6/128GB : Rp 2.699.000

Editor terkait:

Kelebihan Redmi Note 8

1. Bodi Handphone yang Terasa Premium dengan Desain Keren

Dari segi bodi dan desain, Redmi Note 8 memiliki keunggulan tersendiri. Dengan tampilan bodi belakang yang premium dan proteksi Corning Gorilla Glass 5, kesan elegan akan ditimbulkan. Build quality yang baik juga membuat smartphone ini nyaman digenggam. Ketebalannya sendiri di kisaran 8,4 mm dan berat kurang lebih 190 gram saja.

2. Baterai Awet

Smartphone Redmi ini juga memiliki keunggulan lain berupa baterainya yang awet. Hal ini tidak lepas dari keberadaan baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Kapasitas ini cukup besar sehingga membuatnya bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Hanya saja harus memperhatikan konsumsi penggunaan ketika memakainya.

3. Penggunaan Chipset yang Efektif

Sebagai salah satu handphone besutan Redmi, chipset menjadi keunggulan utama. Hal tersebut juga berlaku di handphone ini yang memiliki chipset Snapdragon 665. Chipset ini sangat efektif untuk penggunaan harian karena bisa menghemat daya berkat pembagian core. Terdapat GPU Adreno 610 untuk membantu mengolah grafis.

4. Sensor yang Cukup Lengkap

Redmi Note 8 memiliki sensor yang terbilang cukup lengkap di kelasnya. Meski belum memiliki NFC, sudah ada sensor Infrared dan Jack Audio. Kedua sensor ini sangat penting di mana Infrared membuat handphone Redmi ini mengoperasikan berbagai perangkat. Sedangkan Jack Audio membuatnya mudah dikoneksikan ke perangkat earphone.

5. Kualitas Kamera Baik

Keunggulan yang juga dimiliki smartphone besutan Redmi ini adalah kualitas kamera belakang yang baik. Lensa belakang yang ada di dalamnya cukup lengkap. Terdapat lensa utama dengan sensor Samsung GM1 yang beresolusi 48 MP f/1.8. Selain itu, ada juga lensa lain seperti ultrawide, macro, dan depth untuk memotret foto dan juga video dalam berbagai format.

6. Aman dari Percikan Air

Xiaomi Redmi Note 8 juga tahan terhadap percikan air. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri di rentang harganya yang terbilang cukup terjangkau. Jadi, pengguna handphone dari Redmi ini tidak perlu khawatir terhadap kerusakan komponen jika terkena percikan. Jadi, pengguna bisa lebih tenang ketika membawanya handphone Redmi ini ke tempat yang rawan percikan air atau ketika hujan.

7. Layar Berkualitas di Rentang Harganya

Layar yang dimiliki oleh smartphone besutan Redmi ini berkualitas di rentang harganya. Resolusinya sudah FHD+ dengan Panel IPS berukuran 6,3 inchi. Jadi, konten yang ditampilkan terlihat jelas dan tajam. Resolusinya sudah 19,5:9 sehingga konten yang ditampilkan lebih banyak dan luas. Selain itu, ada Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi layar dari resiko tergores agar tetap mulus.

8. Sudah Memakai USB Type-C yang Mempercepat Pengisian

Redmi Note 8 sudah memakai tipe port USB Type-C untuk sistem pengisiannya. Hal ini berpengaruh terhadap pengisiannya yang sudah support Fast Charging 18W. Jadi, tidak perlu menunggu waktu lama untuk charging. Selain itu, adanya port USB Type-C membuat transfer data dari kabel data lebih cepat dan efektif.

Editor terkait:

Kekurangan Redmi Note 8

1. Iklan yang Mengganggu

Redmi Note 8 memiliki kekurangan yang bisa ditemui di MIUI yaitu adanya iklan. Keberadaannya tentu mengganggu penggunaannya sehari-hari. Meskipun hal ini merupakan imbas dari harganya yang terjangkau, tetap saja akan lebih nyaman tanpa iklan.

Untuk menghilangkannya bisa menggunakan berbagai cara. Salah satunya bisa mengatur agar iklan tidak muncul di berbagai aplikasi bawaan di MIUI secara manual. Ada juga berbagai cara lain yang bisa dicari sendiri. Hal ini tentu sangat merepotkan penggunanya.

2. Belum ada NFC

Kekurangan yang dimiliki Redmi Note 8 adalah belum ada NFC. Meskipun sebenarnya kurang begitu berpengaruh, hal ini penting bagi pengguna yang terbiasa bertransaksi menggunakan kartu elektronik. Adanya NFC akan lebih memudahkan penggunaanya.

Jadi, akan sangat bagus jika sudah ada NFC di handphone Redmi ini. Keberadaan NFC akan melengkapi sejumlah fitur yang sudah ada sehingga sangat menarik. Fitur ini juga akan menarik perhatian berbagai pengguna untuk membelinya.

3. Kamera Depan Kurang Memuaskan

Kamera Depan juga menjadi masalah di smartphone Redmi ini. Lensanya beresolusi 13 MP hanya mampu menghasilkan foto dan video berkualitas standar. Tidak ada yang istimewa dari kualitas outputnya sehingga kurang memuaskan.

Terlalu banyak prosessing dalam menghasilkan foto maupun video. Jika penggunaan kamera dilakukan pada kondisi minim cahaya, maka hasil foto dan video menjadi kurang baik. Noise akan bermunculan dan foto menjadi sedikit blur. Jadi, jangan mengambil selfie ketika kondisi minim cahaya.

4. Audio Standar

Kualitas Audio yang dimiliki oleh handphone Redmi ini terbilang standar dan kurang memuaskan. Speaker bawaannya tidak bisa mengeluarkan suara yang terbilang nendang sehingga kurang nyaman digunakan. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat kualitasnya yang lain cukup bagus.

Kekurangan Audio pada Redmi Note 8 juga bisa mengganggu penggunaannya. Terutama bagi yang terbiasa mendengarkan musik atau bermain game. Kualitas audio yang kurang memuaskan tentu membuat musik ataupun suara dari game tidak begitu bagus jika dibandingkan handphone lain.

FAQ

Orang juga bertanya:

  • Apakah Redmi Note 8 Anti Air?
    Redmi Note 8 hadir dengan bodi yang tahan percikan air bersertifikasi IP52.
  • Apakah Redmi note 8 cepat panas?
    Redmi Note 8 dilengkapi fitur Game Booster yang bakal menambah keseruan pengguna saat memainkan game. Sayangnya, Redmi Note 8 masih terasa panas jika dipakai bermain game dalam waktu yang cukup lama.
  • Apakah Redmi note 8 hp gaming?
    Ponsel pintar ini dibenami prosesor Qualcomm Snapdragon 665 Octa-Core demi memberikan pengalaman gaming terbaik, supercepat tanpa lag.
  • Redmi note 8 apakah ada sidik jari?
    Ya, Xiaomi Redmi Note 8 hadir dengan pemindai sidik jari yang terletak pada bagian belakang bodinya.
  • Apakah Redmi Note 8 cocok untuk game PUBG?
    Redmi Note 8 punya performa gaming yang cukup baik di kelasnya.
  • Apakah Redmi Note 8 sudah dilengkapi anti gores?Layar pada redmi note 8 sudah memiliki lapisan tempered glass, sehingga lebih tahan terhadap goresan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia