Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi K40

Redmi K40 disebut sebagai ponsel gaming keluaran Redmi yang paling populer. Ponsel ini memiliki banyak sekali fasilitas dan fitur ini berguna bagi para pemain game.

Tentunya konsumen yang menginginkan handphone dengan harga yang lumayan terjangkau tetapi bisa untuk bermain game secara leluasa, maka persen ini bisa menjadi pilihan.

Oleh karena itu, Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ponsel ini sebelum konsumen membelinya.

Spesifikasi Redmi K40

NETWORK Technology GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G
LAUNCH Announced 2021, February 25
Status Available. Released 2021, March 04
BODY Dimensions 163.7 x 76.4 x 7.8 mm (6.44 x 3.01 x 0.31 in)
Weight 196 g (6.91 oz)
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
DISPLAY Type Super AMOLED, 120Hz, HDR10+, 1300 nits (peak)
Size 6.67 inches, 107.4 cm2 (~85.9% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~395 ppi density)
Protection Corning Gorilla Glass 5
PLATFORM OS Android 11, MIUI 12
Chipset Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
CPU Octa-core (1×3.2 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
GPU Adreno 650
MEMORY Card slot No
Internal 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, 256GB 12GB RAM
UFS 3.1
MAIN CAMERA Triple 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide)
5 MP, f/2.4, 50mm (macro), 1/5.0″, 1.12µm
Features LED flash, HDR, panorama
Video [email protected], [email protected]/60/120/240/960fps, gyro-EIS
SELFIE CAMERA Single 20 MP, f/2.5, (wide), 1/3.4″, 0.8µm
Features HDR
Video [email protected], [email protected]
SOUND Loudspeaker Yes, with stereo speakers
3.5mm jack No
24-bit/192kHz audio
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.1, A2DP, LE
GPS Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, NavIC
NFC Yes
Infrared port Yes
Radio No
USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
FEATURES Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum
BATTERY Type Li-Po 4520 mAh, non-removable
Charging Fast charging 33W, 100% in 52 min (advertised)
Power Delivery 3.0
Quick Charge 3+
MISC Colors Black, White, Aurora
Models M2012K11AC
Price $ 405.99

Editor terkait:

Kelebihan Redmi K40

1. Memiliki layar AMOLED

 

Redmi K40 telah dibekali dengan layar Amoled yang memiliki refresh rate sebesar 120 hz kemudian kecepatan touch sebesar 360 Hz. Tentunya tersebut merupakan teknologi yang super canggih sehingga ponsel ini tidak akan menimbulkan lemot atau bermasalah ketika digunakan untuk bermain game.

Tidak hanya itu apabila pengguna membuka beberapa aplikasi dengan ukuran yang besar secara sekaligus, ponsel ini bisa menerimanya dan tetap bisa berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu banyak sekali konsumen yang berasal dari pemain game yang menggunakan Redmi K40 untuk bermain game.  Pergantian layar atau pengolahan menu cukup mulus sehingga pemain bisa dengan mudah untuk menggunakan ponsel ini.

Keefektifan ponsel ini untuk bermain game merupakan nilai tambah tersendiri bagi konsumen. Mengingat bahwa sebagian besar ponsel gaming memiliki harga hingga puluhan juta.

Akan tetapi dengan Redmi K40 pada, konsumen bisa memainkan game Sesuka mereka dengan ukuran yang besar tanpa harus khawatir ponsel mengalami masalah ataupun kendala.

2. Memiliki snapdragon 870

Ponsel ini juga telah menggunakan chipset Snapdragon 870 5G (7 nm).  Chipset tersebut membuat ponsel ini berjalan lebih cepat dan anti lemot. Tidak perlu khawatir mengalami masalah lambat dan sebagainya karena tidak akan terjadi pada ponsel ini.

Lainnya yang menganggap bahwa ponsel ini merupakan ponsel cepat dan pintar karena memiliki berbagai fitur menarik dan juga teknologi yang canggih.

Dengan adanya Snapdragon 875 ponsel ini merupakan ponsel dengan kualitas tinggi tetapi harga menengah. Ponsel ini memiliki grafis yang jernih untuk bermain game dikarenakan berbagai fitur dan juga layarnya yang luas.

Selain itu, Snapdragon 870 mendukung Redmi K40 untuk melakukan akses pada teknologi 5g. Sehingga ponsel tersebut sudah siap sedia untuk mengakses internet cepat untuk memudahkan setiap konsumennya.

Berdasarkan pengamatan para ahli, ponsel ini bisa mencapai performa lebih tinggi bahkan hingga 3.2 ghz. Hal tersebut tentunya Bukan Tanpa Alasan karena adanya processor handal yaitu octa core kryo 585.

Ponsel ini memang sangat berkualitas, memiliki harga yang menengah akan tetapi berbagai fitur dan teknologi canggih sudah terdapat di dalamnya.  Hal tersebut membuat para konsumen bisa mendapatkan ponsel super lengkap tanpa harus membayar mahal.

3. Memiliki dukungan untuk pengisian cepat

Fast charger

Memiliki berbagai fitur yang canggih, ternyata pengembang juga memasukkan atau membekali ponsel ini dengan support pengisian cepat.

Sehingga apabila Baterai telah habis, konsumen bisa langsung mengisinya tanpa menunggu seharian. Hanya butuh 3 jam saja, baterai bisa terisi penuh.

Redmi K40 memiliki baterai dengan kapasitas 4520 mah. Kemudian juga didukung dengan pengisian cepat yaitu 33 w.

4. Memiliki port inframerah serbaguna

Ponsel ini juga memiliki fitur kekinian yaitu adanya port inframerah yang serbaguna dan dirancang untuk membantu pekerjaan manusia.

Bisa digunakan untuk mengontrol berbagai peralatan rumah tangga bahkan hingga pembayaran nirkontak.

Fitur ini merupakan fitur andalan yang biasa ada pada HP Xiaomi dengan adanya fitur ini konsumen bisa dengan mudah mengaplikasikan ponsel pada berbagai peralatan teknologi yang mendukung inframerah.

5. Memiliki desain yang modern

Pada awal kemunculan ponsel ini, banyak yang bertanya-tanya mengenai desain akan ditampilkan. karena sebelum kemunculannya pengembang sudah memberikan bocoran mewahnya desain yang ada pada ponsel gaming ini. Redmi K40 memiliki desain yang trendi dan stylish.

Hal tersebut dikarenakan ada 3 kamera yang berada pada panel belakang kaca tepatnya di sudut kiri. Kemudian ada pula bezel layar Amoled serta pemindai sidik jari.

Keseluruhan fitur yang terdapat dalam bodi ponsel ini menjadikan terlihat canggih dan menawan.

6. Baterai 4520 mah

Ponsel ini memiliki kapasitas baterai sebesar 4520mah.  Tentunya hal tersebut membuat ponsel ini bisa bertahan seharian lebih lama.

Kemudian tipe baterai ponsel ini yaitu Li-Po.  Tiba tersebut memiliki keefektifan dalam melakukan supply daya sehingga ponsel bisa berjalan lebih efektif.

Apabila dibandingkan dengan tipe baterai Li-On tentunya tipe baterai tersebut jauh lebih unggul.

Editor terkait:

Kekurangan Redmi K40

1. Tidak terdapat slot untuk kartu SD

Tambahan untuk kartu SD merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminati oleh konsumen. Tapi sayangnya, ponsel ini tidak menyediakan hal tersebut.

Sehingga bagi konsumen yang ingin menambahkan memerlukan, maka harus memilih salah satu kartu SD yang dilepas.

Tidak ada tambahan slot untuk ponsel ini tentu saja hal tersebut sedikit mengecewakan para pengguna.

Meskipun demikian, karena fitur yang dimiliki ponsel ini tergolong canggih, maka banyak pengguna yang tidak mempedulikan Hal tersebut.

2. Tidak memiliki fitur radio baik FM maupun AM

Salah satu kekurangan dari Redmi K40 yaitu tidak adanya fitur untuk mendengarkan radio baik pada saluran FM atau saluran AM.

Seharusnya fitur tersebut sudah tersedia di seluruh ponsel. Akan tetapi pengembang memiliki pertimbangan tersendiri untuk tidak memasukkan fitur ini pada ponsel ini.

Meskipun tidak ada fitur radio, tetapi terdapat fitur lainnya yang juga cukup canggih. Sehingga hal tersebut tidak terlalu berpengaruh pada konsumen.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia