Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Note 10

Tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap gadget khususnya handphone membuat Xiaomi terus berinovasi dalam meluncurkan model baru salah satunya Xiaomi Mi Note 10.

Pasalnya smartphone satu ini menawarkan fitur luar biasa yang membuat penggunanya bahkan berdecak kagum.

Nah, agar tidak penasaran simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10

Xiaomi Mi Note 10
Ukuran Layar AMOLED 6,47 inci (2.340 x 1.080 piksel), Gorilla Glass 5
Dimensi 157.8 x 74.2 x 9.7 mm
Bobot 208 gram
Chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G
GPU Adreno 618
RAM 6 GB
Storage 128 GB
SIM Dual SIM
Kamera Depan 32 MP (f/2.0)
Kamera Belakang 108 MP (f/1,7)
12 MP portrait (f/2.0) 2x optical zoom
20 MP ultra wide (f/2.8)
5MP telephoto (f/2.0) hybrid 10x optical zoom
2MP macro (f/2.0)
Baterai 5.260 mAh, fast charging 30 watt
Sistem Operasi Android 9, MIUI 11
Fitur Pendukung USB Type-C, 3,5mm jack
Konektivitas Bluetooth 5.0, NFC
Warna Aurora Glacier, Glacier White dan Midnight Black
Harga Rp 6.199.000

Editor terkait:

Kelebihan Xiaomi Mi Note 10

1. Kamera depan yang unggul

Kamera pada Xiaomi MI Note 10 hadir dengan resolusi tinggi yaitu sekitar 32MP sehingga hasil tangkapannya sangat jernih dan tajam.

Tidak kalah dengan resolusi gambar, ia juga dilengkapi dengan fitur HDR untuk rekaman video dengan resolusi yang besar mencapai 1080p 30fps.

2. Lima kamera belakang dengan sensor tinggi

Tidak kalah dengan kamera depan, kamera belakang pada Redmi Note 10 tidak kalah menakjubkan. Dilengkapi dengan 5 buah lensa kamera di bagian belakang yang masing-masing memiliki peran sangat penting.

Untuk kamera utama mempunyai resolusi sebesar 108MP dan empat kamera makro sebesar 2MP. selain itu, ia juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti OIS, PDAF, laser AF dan kemampuan untuk upscale hingga 8P.

3. Layar AMOLED sangat nyaman

Layar Xiaomi MI Note 10 ini mengalami peningkatan dibanding produk sebelumnya karena ia sudah menggunakan panel dengan teknologi AMOLED DotDisplay yang canggih.

Teknologi pada layar ini mampu memberikan warna yang kontras, pencahayaan dan warna yang jauh lebih tajam.

Menariknya saat digunakan di luar ruangan, smartphone ini tidak akan membuat silau karena tingkat kecerahannya yang tinggi.

Selain itu, ia memiliki tingkat produksi Sinar Biru yang rendah sehingga tidak mengganggu penglihatan. Bahkan layar AMOLED pada Redmi Note 10 ini sudah mendapatkan sertifikat SGS.

4. Baterai tahan lama dan kapasitas jumbo

Keunggulan yang patut dibanggakan dari produk ini adalah daya tahan baterai yang bisa bertahan lama dengan kapasitas jumbo sekitar 5.260mAh.

Untuk rata screen on-time ia bisa bertahan hingga 7 jam dalam sehari yang mana tergolong sangat bagus dibanding produk lainnya.

Tidak hanya itu, ia juga didukung dengan teknologi fast charging dengan daya sekitar 30W sehingga pengisian daya jauh lebih cepat. Cukup butuh waktu sekitar 66 menit saja agar daya terisi penuh.

5. Mempunyai sertifikasi IP53

Dasi segi ketahanan, Xiaomi Mi Note 10 sangat menarik karena sudah memiliki sertifikasi IP53. Dibuat dari bahan plastik pada bagian bingkai membuatnya lebih awet dan tidak perlu khawatir rusak ataupun pecah.

Hal ini disebabkan perlindungan Gorilla Glass 3 yang mampu mencegah goresan sebanyak 35%. Selain itu, ia juga tahan terhadap percikan air sehingga lebih aman jika kebetulan kehujanan.

Sementara itu, dari tampilannya ia memiliki tampilan yang unik dengan ukuran minimalis dengan beberapa pilihan warna seperti Abu-abu, putih dan hijau.

Dengan bobot yang ringan sekitar 178,8g serta dimensi 160,5 x 74,5 x 8,3mm membuatnya lebih ideal dan mudah masuk kantong.

6. Sistem operasi canggih dan modern

Xiaomi MI Note 10 ini menggunakan sistem operasi yang canggih dengan implementasi android 11. Ada banyak fitur menarik yang dimiliki sistem ini seperti Dark Theme, berbagai emoji baru, tombol daya dengan kontrol Smart Home, Do Not Disturb mode dan masih banyak lagi.

Sementara itu, untuk sistem interface atau antarmuka ia menggunakan MIUI 12 yang di dalamnya dilengkapi fitur yang tidak kalah menarik.

Dengan fitur yang modern dan canggih ini pengguna bisa menggunakan smartphone untuk segala kebutuhan.

Beberapa diantaranya adalah Dark Mode seri 2.0 yang akan meredupkan layar secara perlahan berdasarkan jam.

Kemudian ada fitur health tracking yang bisa membantu menjaga kesehatan pengguna. Lalu ada sistem floating screen dimana pengguna dapat membuka notifikasi baru tanpa menutup aplikasi sebelumnya.

7. Prosesor mendukung tampilan grafis

Untuk prosesor Xiaomi Mi Note 10 menggunakan Qualcomm yang di dalamnya sudah tertanam Snapdragon 730 dengan Octa core.

Di samping itu, ia juga didorong dengan teknologi kartu grafis bernama Adreno 612 agar tampilan dan grafis lebih memukau dan halus.

Selain menggunakan prosesor yang canggih, smartphone ini juga memiliki memori dan RAM yang bervariasi. Diantaranya yaitu memori 4GB dan RAM 64GB, 4GB dan RAM 128GB serta memori 6GB dengan RAM 128GB.

Proses penyimpanan dan instalasi akan semakin cepat karena Note 10 menggunakan teknologi terbaru UFS 2.2.

Editor terkait:

  1. Kelebihan dan Kekurangan Poco F2 Pro
  2. Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC
  3. Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Pro

Kekurangan Xiaomi Mi Note 10

1. Desain sangat biasa

Dibalik kelebihan yang dimiliki, Xiaomi MI Note 10 memiliki kekurangan dari segi desain yang sangat biasa.

Tidak jauh berbeda dengan produk smartphone lainnya ia memiliki kamera di bagian belakang sisi tepi dengan bentuk kamera memanjang sehingga membuatnya kurang menarik meskipun tidak jelek juga untuk sebuah smartphone terbaru.

2. Rating sedang untuk prosesor

Adapun prosesor yang digunakan produk ini adalah Snapdragon 730G yang merupakan chipset berteknologi sedang.

Performa yang diberikan juga sangat mendukung untuk keperluan sehari-hari bahkan untuk bermain game sekalipun. Namun chipset tersebut masuk dalam kategori mid-range sehingga membuatnya tidak banyak dilirik seperti smartphone dengan chipset flagship.

3. Performa speaker kurang

Kekurangan yang perlu dibenahi pada Xiaomi Mi Note 10 adalah performa speakernya yang kurang gahar. Meskipun sudah dilengkapi dengan fitur IR Blaster, namun speaker memiliki performa yang perlu diperbaiki khususnya saat digunakan telepon.

Kualitasnya yang kurang bagus membuat beberapa pemerhati teknologi menyarankan memakai headphone atau earphone.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia