Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi Note 10 Pro

Xiaomi juga mengeluarkan series pro untuk melengkapi seri Note 10 yang bernama Xiaomi Mi Note 10 Pro. Ibaratnya series ini bagaikan kakak beradik yang menuai kesuksesan seperti produk Xiaomi yang lainnya.

Banyak keunggulan yang dimiliki produk ini sehingga membuat banyak pengguna tergiur untuk mencobanya. Namun, tidak menutup kemungkinan ada beberapa celah kekurangan seperti di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi Note 10 Pro

Ukuran Layar AMOLED 6,47 inci (2.340 x 1.080 piksel), Gorilla Glass 5
Dimensi 157.8 x 74.2 x 9.7 mm
Bobot 208 gram
Chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
Storage 256 GB
SIM Dual SIM
Kamera Depan 32 MP (f/2.0)
Kamera Belakang 108 MP (f/1,7)
12 MP portrait (f/2.0) 2x optical zoom
20 MP ultra wide (f/2.8)
8MP telephoto (f/2.0) hybrid 10x optical zoom
2MP macro (f/2.0)
Baterai Li-Po 5.260 mAh, fast charging 30 watt
Sistem Operasi Android 9, upgradable to Android 10, MIUI 12
Fitur Pendukung USB Type-C, 3,5mm jack
Konektivitas Bluetooth 5.0, NFC
Warna Aurora Green, Glacier White, Midnight Black
Harga Rp 6.999.000

Editor terkait:

Kelebihan Xiaomi Mi Note 10 Pro

1. Refresh rate sebesar 120Hz

Xiaomi Mi Note 10 Pro menggunakan rating refresh rate yang cukup besar yaitu 120Hz. Ukuran tersebut lumrah dipasang pada smartphone mewah kelas premium. Angka yang cukup tinggi ini memberikan kenyamanan pengguna saat scrolling dan digunakan untuk main game tanpa lag.

2. Layar super elegan dengan AMOLED

Hampir sama dengan Note 10, Xiaomi Mi Note 10 Pro juga dilengkapi dengan layar panel AMOLED. Penggunaan panel ini akan membantu pengguna mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat memakainya karena tampilan warna jauh lebih baik dan memiliki ciri khas sendiri.

Layar panel AMOLED full HD+ ini hadir dalam layar berukuran 6,67inchi yang membuat tampilan lebih puas. Dalam uji coba, smartphone ini menunjukkan warna yang memiliki sisi akurasi tinggi bahkan saat disetel pada mode standar sekalipun. Oleh karena itu, produk ini menjadi banyak pilihan gamers.

3. Kamera tajam hingga 108MP

Performa kamera sudah bisa dilihat pada rangkaian belakang smartphone ini dimana tata letaknya mempengaruhi fungsinya. Untuk kamera utama memiliki resolusi sebesar 108MP dengan f/1.9 yang juga didukung sensor ISOCELL HM2 dari Samsung berukuran 1/1,52. Dengan dilengkapi enam elemen lensa yang tak kalah canggih foton yang diambil akan lebih tajam tanpa celah.

Perlu diketahui, bahwa kamera utama merangkap fitur kamera dengan mode malam satu-satunya. Sementara, ultrawide camera beresolusi 8MP dengan sensor dari Sony IMX355, fixed focus, sudut pengambilan foto sekitar 118 derajat dan bukaan sekitar f/2.2.

Lalu beralih ke kamera makro yang mempunyai resolusi 5MP dengan sensor kedalaman sekitar 2MP. Ukuran yang cukup tinggi tersebut mampu menghasilkan gambar yang menakjubkan bahkan saat menggunakan mode malam sekalipun. Bisa dibilang kamera yang terdapat di Xiaomi Mi Note 10 Pro ini terbaik di kelasnya dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Baterai jumbo dan fast charging

Seakan menjadi fokus Xiaomi yang terus berinovasi menghadirkan smartphone dengan kapasitas baterai jumbo seperti produk Note 10 Pro ini. Dengan kapasitas baterai sebesar 5020mAh yang sangat awet bahkan jika digunakan untuk bermain dengan mode refresh rate 120Hz sekalipun.

Selain itu, ia juga mengalami peningkatan dimana hadir dengan fast charging sekitar 33W. peningkatan ini tentu dapat mengurangi lamanya waktu pengisian daya sehingga bisa lebih efektif. Dalam sebuah ujicoba, pengisian daya bisa mencapai 59% hanya dalam waktu 30 menit saja.

5. Upgrade desain

Masalah desain, Xiaomi Mi Note 10 Pro sangat apik menampilkan kinerja terbaiknya yaitu dengan menggabungkan material umum dengan bahan premium. Desain kamera di bagian belakang digabung menjadi satu berupa aksen glossy dari frame plastik sehingga memiliki tampilan yang sangat menarik.

Kemudian ia memiliki fisik yang cukup ramping dengan dimensi 164 x 76,5 x 8,1mm saja. kemudian dengan bobot sekitar 193g membuat smartphone ini cukup ringan sehingga tidak membuat pegal saat digunakan dalam waktu yang lama.

6. SoC premium

Xiaomi Note 10 Pro menggunakan prosesor Snapdragon 732G yang mampu meningkatkan performa kinerjanya. Penggunaan prosesor tersebut sama dengan POX3 NFC yang memiliki kinerja terbaik di kelasnya. Selain itu, ia termasuk dalam kategori premium karena clockspeed akan naik secara perlahan namun pasti karena arsitektur bawaan yaitu Kyro 470 Gold & Silver.

7. Speaker dan sensor super memuaskan

Kelebihan selanjutnya yaitu speaker Xiaomi Mi Note 10 Pro yang mampu menghasilkan suara lantang dan ‘nendang’. Bisa dibilang, kualitas bunyi yang mampu dihasilkan oleh smartphone ini bisa diadu dengan produk lain dalam harga yang sama. Tidak hanya dilengkapi speaker stereo ia juga dilengkapi dengan sensor LUFS hingga -25,7.

8. Mengantongi sertifikat IP53

Terakhir yaitu sertifikat IP53 yang sudah dimiliki ponsel canggih ini. Dengan adanya IP53 ini, smartphone sudah terbukti mempunyai perlindungan unggul dari debu serta cipratan air. Memang banyak yang menganggap hal ini sebagai masalah sepele, padahal ia juga berperan dalam menjaga kualitas dan daya tahan smartphone.

Editor terkait:

Kekurangan Xiaomi Mi Note 10 Pro

1. Tidak dilengkapi IOS

Akibat tidak dilengkapi IOS, hasil gambar yang ditangkap kamera Xiaomi Mi Note 10 Pro dengan mode malam menggunakan kamera ini kurang memuaskan. Low light atau rendahnya cahaya dengan eksposur tidak terlalu berdampak sehingga gambar kurang tajam dan kasar.

2. Tidak ada pengisian balik

Kekurangan yang sangat disayangkan oleh pengguna yaitu tidak adanya fitur pengisian daya balik. Teknologi pengisian balik ini dapat menyalurkan daya yang dimiliki smartphone ke perangkat lain seperti jam tangan atau gelang elektronik dengan teknologi terbaru dan earphone nirkabel.

3. Ring punch hole mengganggu

Menurut Mike Lowe, ring punch hole pada kamera depan Xiaomi Mi Note 10 Pro ini cukup mengganggu. Menurutnya pantulan pembatas seperti cincin tersebut bisa memantulkan cahaya sehingga bisa mengganggu pengguna mengambil gambar dengan kamera depan. oleh karena itu, Lowe menyarankan akan lebih baik jika ring punch hole berwarna gelap alih-alih warna mencolok.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia