close

Cara Promosi di Tiktok agar Bisnis Anda Semakin Dikenal

Tidak hanya untuk melihat berbagai konten video, Tiktok kini menyediakan fitur berjualan layaknya e-commerce lainnya. Konsep berjualan di TikTok yaitu dengan cara mempromosikan produk atau layanan kamu ke audiens yang lebih luas.

Dengan menggunakan konten video promosi yang unik dan menyenangkan, kamu bisa menarik perhatian audiens. Tujuannya agar banyak yang meminati bisnis kamu.

Syarat Sebelum Mempromosikan Bisnis di Tiktok

Untuk mempromosikan bisnis kamu di TikTok, ada beberapa syarat yang dapat dilakukan. Buat kamu yang tertarik untuk melakukan promosi di TikTok, berikut syarat yang harus kamu penuhi, di antaranya:

⦁ Memiliki perangkat smartphone yang terhubung dengan koneksi internet.

⦁ Mengunduh aplikasi TikTok dan melakukan pendaftaran untuk mendapatkan akun bisnis TikTok.

⦁ Menyiapkan detail produk sebelum mempromosikan bisnis kamu di TikTok.

⦁ Kamu siap memulai promosi melalui TikTok.

Cara Promosi Bisnis di Tiktok

Setelah memiliki akun bisnis TikTok, kamu sudah bisa memulai untuk mempromosikan bisnis jualan. Agar konten video promosi kamu lebih menarik, lakukan cara promosi bisnis di bawah ini untuk mendapatkan engagements yang tinggi:

⦁ Membuat konten yang menarik dan unik

Untuk melakukan promosi melalui akun bisnis TikTok, kamu perlu menyiapkan konten video yang menarik. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan fungsi dan manfaat produk yang akan kamu jual.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat video promosi yang lebih baik, di antaranya:

⦁ Pertimbangkan niche produk dan pastikan konten video kamu sesuai dengan pasar.

⦁ Buat konten yang menyenangkan dan menghibur untuk menarik perhatian audiens.

⦁ Gunakan trend yang sedang populer di TikTok untuk membuat audiens masuk ke dalam konten video promosi kamu.

⦁ Buat konten yang interaktif seperti kuis atau tantangan untuk meningkatkan interaksi bersama audiens seperti meninggalkan komentar, melakukan tayangan ulang, dan lain sebagainya.

⦁ Gunakan caption yang menarik dan menjelaskan produk bisnis dengan jelas.

⦁ Tambahkan tautan dalam konten yang mengarahkan audiens ke halaman belanja online.

⦁ Bekerja sama dengan influencer di TikTok

Kamu bisa menggunakan influencer untuk melakukan promosi bisnis di TikTok. Tujuannya yaitu untuk menjangkau audiens yang lebih luas sesuai dengan bisnis yang kamu jalani. Dengan begitu, bisnis kamu bisa makin terkenal.

Untuk menggunakan influencer untuk promosi bisnis di TikTok, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

⦁ Cari influencer yang sesuai dengan produk atau layanan bisnis kamu. Pastikan untuk melihat review influencer tersebut sebelum menggunakan jasanya untuk mempromosikan bisnis kamu.

⦁ Hubungi influencer yang kamu pilih dan diskusikan cara kerja sama promosi dengan mereka.

⦁ Buat kontrak kerja sama yang menjelaskan detail kerja sama, termasuk kompensasi, durasi kampanye, dan tujuan promosi.

⦁ Buat konten bersama dengan influencer yang sesuai dengan produk bisnis kamu.

⦁ Promosikan konten yang dibuat bersama dengan influencer di keuda akun bisnis kamu dan influencer.

⦁ Analisis performa kampanye promosi dengan influencer dan ambil tindakan sesuai dengan hasilnya.

⦁ Melakukan promosi bisnis melalui iklan di TikTok

Selain menggunakan jasa dari influencer, kamu bisa melakukan promosi melalui iklan di TikTok. Untuk melakukan iklan bisnis melalui TikTok, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

⦁ Buat akun bisnis dan pastikan profil kamu telah diperbarui dengan informasi bisnis yang relevan.

⦁ Buat iklan dengan cara membuka aplikasi TikTok dan pilih “Create” untuk membuat iklan bisnis. Kamu bisa membuat iklan dalam bentuk video, carousel, atau kustom.

⦁ Tentukan target audiens dengan memilih target audiens yang memenuhi kriteria seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat.

⦁ Pilih budget iklan kamu dan jenis pembayarannya (CPM atau CPC).

⦁ Pilih tautan ke halaman produk atau situs web kamu untuk mengarahkan audiens.

⦁ Preview iklan kamu dan pastikan semuanya benar sebelum mengajukannya.

⦁ Analisis performa iklan kamu dan lakukan peninjauan ulang untuk memaksimalkan promosi bisnis di TikTok.

⦁ Mengecek jadwal FYP di TikTok sebelum mengunggah video promosi

FYP adalah singkatan dari For You Page, yaitu halaman yang ditampilkan pada aplikasi TikTok. FYP sendiri menampilkan berbagai konten video rekomendasi bagi pengguna.

Halaman FYP mengikuti algoritma TikTok yang menentukan konten paling relevan dan menarik bagi pengguna berdasarkan interaksi sebelumnya, preferensi, dan aktivitas lainnya.

Selain itu, FYP dapat menampilkan konten dari pengguna yang kamu kenal atau tidak sama sekali. Misalnya, FYP kamu bisa berisi tentang video dari akun yang kamu ikuti dan video yang berasal dari algoritma yang sesuai.

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan algoritma FYP TikTok untuk mempromosikan bisnis jualan. Caranya yaitu dengan mengecek jadwal FYP di TikTok. Sebagai hasilnya, produk kamu bisa semakin dikenal oleh banyak orang.

Untuk mengetahui jadwal FYP TikTok, kamu dapat mengikuti beberapa cara berikut:

⦁ Cek pengaturan akun dengan cara membuka TikTok dan masuk ke pengaturan akun. Di sana, kamu dapat menemukan informasi tentang jadwal FYP.

⦁ Cek komunitas TikTok untuk menemukan informasi tentang jadwal FYP di komunitas TikTok, seperti grup atau forum yang berhubungan dengan TikTok.

⦁ Cek media sosial untuk mendapatkan informasi mengenai jadwal FYP di media sosial, seperti Twitter atau Facebook.

⦁ Cek blog atau situs web yang sesuai dengan informasi jadwal FYP di blog atau situs web yang berhubungan dengan TikTok.

⦁ Cek dengan customer service TikTok untuk menanyakan jadwal FYP secara langsung kepada customer service TikTok.

⦁ Cek situs https://hotelier.id/ untuk mendapatkan jadwal informasi FYP TikTok lainnya.

Tinggalkan komentar