Kelebihan dan Kekurangan Poco F2 Pro

Poco merupakan salah satu lini dari Xiaomi yang menyediakan ponsel chipset khas flagship tetapi dengan harga terjangkau.

Salah satu tipe smartphone keluaran lini ini adalah Poco F2 Pro. Keunggulan utamanya tentu saja chipset yang bertenaga kencang tetapi rentang harganya tetap terjangkau.

Ada juga kekurangan dari handphone ini yang masih bisa dimaklumi. Penjelasan tentang keduanya bisa dilihat berikut ini.

Spesifikasi Poco F2 Pro

Poco F2 Pro

Layar Super AMOLED 6,67 inci, 1.080 x 2.400 piksel, rasio layar 20:9, Gorila Glass 5, HDR 10+, touch sampling rate 180 Hz
Dimensi dan bobot 163,3 x 75,4 x 8,9 mm
219 gram
System-on-Chip Qualcomm Snapdragon 865 (7nm)
CPU: Octa-core (1×2,84 GHz, 3×2,42 GHz, dan 4×1,80 GHz Kryo 585).
GPU: Adreno 650
RAM dan storage 6 GB, 8 GB
128 GB, 256 GB
Kamera belakang 64 MP (f/1.9, Sony IMX686, PDAF)
13 MP (f/2.4, ultrawide, berbidang pandang 123 derajat)
5 MP (f/2.2, telemacro, 2x optical zoom, macro 3-7 cm)
2 MP (f/2.4, depth sensor)
Kamera depan 20 MP (f/2.2, wide, motorized pop-up)
Baterai 4.700 mAh, fast charging 30 watt
Konektor USB Type-C, 3.5 mm earphone jack, IR blaster
Biometrik Optical fingerprint (under display)
Fitur pendukung Dual Nano-SIM, 4G (mendukung 5G), Android 10, MIUI 11 (Poco Launcher 2.0), NFC
Warna Neon Blue, Electric Purple, Cyber Gray
Harga Rp 6.999.000 (6 GB/128 GB)
Rp 7.999.000 (8 GB/256 GB)

Editor terkait:

Kelebihan Poco F2 Pro

1. Chipset khas Flagship dengan Harga Terjangkau

Poco F2 Pro

Xiaomi Poco F2 Pro menjadi pilihan yang sangat tepat jika mencari chipset terbaik dengan harga terjangkau. Pengguna bias merasakan performa kencang dari Chipset Snapdragon 865.

Chipset tersebut biasanya ditemukan di handphone flagship yang harganya lebih mahal dibandingkan smartphone ini. Pengguna bias memainkan berbagai game dengan lancar.

2. Kapasitas RAM cukup Besar

Handphone ini juga memiliki kapasitas RAM yang cukup besar yaitu antara 6 GB hingga 8 GB. Jadi, kegiatan multitasking dapat dilakukan dengan lancar.

Selain itu untuk RAM 6 GB dibekali teknologi LPDDR4X, sedangkan RAM 8 GB dibekali LPDDR5. Dengan adanya teknologi ini, pemakaian RAM dapat dioptimalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi.

3. Kualitas Penyimpanan Internal yang Memadai

Penyimpanan internal yang ada di smartphone ini memiliki kualitas memadai. Hal tersebut dikarenakan sudah menggunakan UFS 3.1, bukan UFS 2.1 apalagi EMMC.

Jadi, proses booting dan menjalankan aplikasi bias dijalankan lebih cepat. Kapasitasnya juga besar dari 128 GB hingga 256 GB. Jadi, bisa menyimpan file besar dalam jumlah banyak.

4. Kelengkapan Konektivitas

Konektivitas yang ada di Poco F2 Pro juga cukup lengkap berkat adanya port audio jack dan NFC. Dengan adanya audi jack, handphone bisa terhubung ke berbagai earphone dengan mudah.

Hal ini penting karena banyak HP lain yang menghilangkannya. Sementara itu, adanya NFC juga membuat HP bisa digunakan untuk berbagai transaksi yang membutuhkan kartu elektronik.

5. Pengisian Daya yang Cepat

Sistem pengisian daya baterai di handphone ini juga terbilang cepat berkat adanya Fast Charging 33W. Jadi, hanya dalam waktu 65 menit, baterainya dapat terisi sampai penuh.

Selain itu, kapasitasnya juga besar yaitu 4700 mAh. Jadi, bisa memainkan berbagai game atapun menjalankan social media dalam waktu lama tanpa takut kehabisan daya.

6. Layar Berkualitas

Layar yang digunakan Poco F2 Pro sangat berkualitas karena sudah menggunakan panel Super AMOLED. Jadi, kontras warna jauh lebih akurat sehingga nyaman dilihat untuk waktu yang lama.

Resolusinya juga sudah FHD yang membuat tampilan konten terlihat tajam. Terdapat teknologi HDR10+ yang membuat kualitas tampilannya sama seperti TV masa kini.

7. Perekaman Video mencapai Resolusi Tertinggi

Handphone ini memilik kamera beresolusi 64 MP aperture f/1.9. Hal ini membuatnya bisa merekam video dengan resolusi 8K.

Tentu saja hal ini membuat tampilannya sangat tajam ketika diputar di TV atau Monitor.

Terdapat EIS agar perekaman stabil. Selain itu, hasil fotonya juga cukup tajam dan berkualitas.

8. Kamera Selfie sudah memakai Sistem Pop Up

Poco F2 Pro memiliki keistimewaan lain berupa kamera selfie yang menggunakan sistem pop-up. Jadi, kamera akan muncul di bagian atas HP hanya ketika digunakan.

Hal tersebut membuat tampilan layarnya sangat luas tanpa terganggu bentuk kamera selfie punch hole maupun poni tetesan air.

Editor terkait:

Kelemahan Poco F2 Pro

1. Sistem Charging hanya bisa menggunakan kabel saja

Meskipun sistem pengisian dayanya sudah cepat, Poco F2 Pro masih belum memiliki wireless charging. Hal ini cukup disayangkan karena banyak handphone lain yang sudah menyediakan fitur ini. Adanya wireless charging membuatnya pengguna tidak perlu mengisi daya dengan kabel charging.

Seharusnya sistem charging seperti ini harus disediakan agar tidak perlu repot membawa kabel data ke setiap tempat. Untuk mencharging handphone ini hanya perlu menaruhnya di konektor wireless charging. Hal ini juga membuat port USB Type-C lebih awet.

2. Speaker belum stereo

Selain itu, Poco F2 Pro juga masih memiliki kekurangan berupa sistem speaker yang masih mono. Speaker ini terletak di bawah bodi.

Jadi, kualitasnya juga kurang begitu optimal, terutama ketika mendengarkan bass. Kesan audio yang dibawanya juga terlihat standar.

Padahal, di rentang harga yang sama, ada berbagai handphone lain yang menyajikan speaker stereo.

Jadi, kualitas audio jauh lebih baik dan bass bisa terdengar. Oleh karena itu, sistem speaker yang mono cukup disayangkan.

3. Refresh Rate Standar

Kekurangan lain dari handphone ini adalah refresh rate standar yaitu 60Hz. Jadi, gerakan yang ditampilkan layar tidak semulus handphone dengan refresh rate 90Hz atau bahkan 120Hz. Gerakan yang ditampilkan juga standar saja.

Jika handphone ini sudah mendukung refresh rate di atas 60Hz, maka gerakan layar akan jauh lebih mulus. Hal ini bisa dirasakan ketika melakukan scroll, bermain game, ataupun menonton film.

4. Zoom kamera masih belum optimal

Kekurangan keempat dari handphone ini adalah zoom yang belum optimal. Kameranya hanya mampu menghasilkan foto zoom sebanyak 2 kali.

Selain itu, kualitas zoom tidak begitu baik dibandingkan hasil foto biasa. Jadi, handphone ini tidak cocok untuk mengambil foto dalam bentuk zoom.

Zoom kamera yang belum optimal pada Poco F2 Pro tentu mengecewakan. Meskipun fitur ini jarang dipakai, namun penting untuk momen tertentu.

Apalagi handphone lain dengan rentang harga sama menyediakan fitur zoom yang lebih baik.

FAQ

Orang juga bertanya:

  • Poco F2 Pro Apakah 5G?
    Ponsel ini memiliki performa tinggi juga dilengkapi dengan fitur 5G.
  • Berapa refresh rate Pocophone F2 Pro?
    Layar utama dari POCO F2 Pro mengusung besar 6,67″ Full Screen Display dengan panel AMOLED, refresh rate 60 Hz dengan sampling rate 180 Hz, dan beresolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel).
  • Apakah Poco F2 pro dual sim?
    Poco F2 Pro menyediakan 2 Slot kartu SIM.
  • Apakah Poco F2 Pro tahan air?
    POCO F2 Pro belum dibekali sertifikat IP67 atau IP68 sehingga tidak tahan terhadap air atau tidak bisa berada di dalam air.

Harga Poco F2 Pro

Xiaomi merilis dua varian RAM Poco F2 Pro yaitu 6GB/128GB yang dijual Rp6.999 juta dan RAM 8GB/256GB yang seharga Rp7.999 juta.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia