Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 NFC

Xiaomi telah resmi meluncurkan produk smartphone canggih namun pas untuk berbagai kalangan.

Smartphone tersebut Adalah Poco X3 NFC yang menawarkan banyak fitur menarik mulai dari kapasitas baterai besar serta kamera utama berkualitas.

Meskipun begitu smartphone ini masih memiliki celah, dimana ada beberapa kekurangan.

Oleh karena itu, ada baiknya simak informasi kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Spesifikasi Poco X3 NFC

Poco X3 NFC

Body Dimensi 165.3 x 76.8 x 9.4 mm
Bobot 215 gr
Layar berlapis Gorilla Glass 5, bagian belakang plastik, dan frame aluminium
Layar Panel LCD IPS
6,67 inci
1080 x 2400 pixel
Refresh rate 120Hz
Chipset & OS Chipset Snapdragon 732G
GPU Adreno 618
Android 10, MIUI 12
Memori RAM 6GB + ROM 64GB
RAM 8GB + ROM 128GB
Kamera utama Quad camera 64 MP, f/1.9, (wide); 13 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
Resolusi video [email protected], [email protected]/120fps, [email protected]
Kamera depan Single 20 MP, f/2.2, (wide)
Resolusi video [email protected]
Baterai 5.160 mAh
Fast charging 33W
Lain-lain NFC
USB Type-C
3,5mm audio jack
Dual SIM (Hybrid)
Sertifikasi tahan air IP53
Sensor sidik jari
Harga HP POCO X3 NFC Varian 6/64GB – Rp 3.099.000
Varian 8/128GB – Rp 3.499.000

Editor terkait:

Kelebihan Poco X3 NF

1. Fast charging dan kapasitas baterai besar

Poco X3 NFC

Keunggulan yang paling ditonjolkan pada Poco X3 NFC ini adalah konsep fast charging dan baterai berkapasitas besar sekitar 5.160 mAh. Ia memiliki ketahanan baterai yang sangat bagus bahkan saat dipakai untuk bermain game.

Misalnya, saat dipakai bermain game PUBG mobile selama 17 menit dalam keadaan baterai full, ia hanya berkurang setengahnya atau menjadi 95% saja.

Saat dirilis, Xiaomi juga mengatakan bahwa produk ini memiliki kemampuan fast charging dengan tegangan 33 W.

Sementara itu, untuk waktu pengisian daya hingga penuh 100% bisa memakan waktu antara 65 hingga 80 menit.

2. Sensor kamera yang mumpuni

Poco X3 NFC mampu menghasilkan gambar yang berkualitas dengan resolusi tinggi. Hal ini disebabkan sensor ultrawide yang lebar sekitar 13MP, sensor beresolusi 64Mp yang membuat foto semakin tajam layaknya gambar nyata.

Kemudian dilengkapi dua lensa makro dan lensa kedalaman resolusi 2 MP yang menunjang hasil kamera utama semakin baik.

Sejalan dengan resolusi tinggi kamera untuk pengambilan gambar, ia juga dibekali frame rate 30 FRP pada resolusi perekaman 4K.

Sementara untuk lensa utama dan ultrawide sudah dilengkapi dengan gyro-EIS sehingga hasilnya akan lebih bagus terutama saat siang hari.

3. Speaker stereo berkelas

Poco X3 NFC

Menariknya, produk ini juga dilengkapi dengan speaker stereo berkelas yang sudah diuji dan mendapatkan sertifikasi Hi-Res Audio.

Dengan speaker tersebut pengguna dapat merasakan permainan yang lebih nyata karena suara lebih tajam dan jelas seperti berada di studio.

4. Tampilan yang menarik

Poco X3 NFC

Poco X3 NFC memiliki tampilan menarik dan khas. Bagaimana tidak, ia memiliki tulisan POCO di bagian belakang dengan ukuran yang cukup besar.

Untuk bodi, ia menggunakan bahan plastik polikarbonat yang memberikan efek metal menawan. Selain itu, lensa kamera berada tepat bagian tengah alih-alih di pojok seperti smartphone lainnya.

5. Mengantongi sertifikat IP53

Poco X3 NFC

Kehadiran sertifikat IP53 pada smartphone ini menandakan bahwa ia telah teruji atas daya tahannya terhadap debu dan air. Keberadaan IP53 ini membuatnya tahan percikan air terutama saat hujan. Meskipun begitu bukan berarti ia bisa bertahan jika digunakan di dalam air seperti digunakan ketika berenang karena perangkat yang digunakan justru bisa rusak.

6. Fitur lengkap dan canggih

Dari segi fitur khususnya konektivitas, Poco X3 NFC sudah sangat mumpuni karena menggunakan berbagai jenis konektivitas yang mempermudah pengguna. Salah satunya adanya fitur IR blaster yang mampu menjadikan smartphone sebagai remote TV.

7. Mempunyai refresh rate 120Hz

Kelebihan berikutnya yaitu refresh rate yang tinggi yaitu sekitar 120Hz. Jika biasanya smartphone harga 3 jutaan memiliki refresh rate maksimal 90Hz maka berbeda dengan produk ini karena menawarkan spesifikasi refresh rate yang lebih baik yang seharusnya ada pada smartphone harga selangit.

8. Chipset Snapdragon 732G

Poco X3 NFC

Poco X3 NFC menawarkan smartphone dengan performa yang super dan tidak mengecewakan. Pengguna bisa menggunakan dan dijamin puas dengan chipset Snapdragon 732 karena mampu merasakan performa ponsel canggih kelas atas dengan harga yang merakyat yakni sekitar 5 jutaan.

Selain itu, seri X3 NFC merupakan produk perdana POCO yang menawarkan snapdragon 732G ini sehingga ia menjadi produk yang cukup spesial. Ia juga hadir dengan performa yang bagus dimana menggunakan sistem MIUI 12 android 10 sehingga kinerjanya semakin mulus.

Menariknya lagi, produk tersebut didukung dengan kapasitas memori internal dan RAM yang baik antara 6 sampai 8GB dan pilihan memori 64GB atau 128GB. Ia juga dilengkapi dengan fitur Game Turbo seri 3.0 yang berguna untuk mengoptimalkan frame rate dan stabilitas game hingga 37,9%. Performa yang cukup mumpuni ini mendukung semua aktivitas terutama untuk bermain game.

Kekurangan pada Poco X3 NFC

1. Dimensi terlalu lebar dan besar

Meskipun dikelilingi sederet kelebihan, tampaknya Poco X3 NFC masih memiliki kekurangan yaitu dari sego bodi atau fisik. Bisa dibilang smartphone ini memiliki fisik yang besar bahkan sulit dimasukkan dalam kantong.

Adapun dimensinya yaitu 165,3 x 76,8mm dengan bobot 215g dan tebal sekitar 9,4mm. Dengan ukuran yang cukup besar dan tebal ini membuat pengguna berpikir ulang karena kurang nyaman bahkan mudah pegal saat dipegang dalam waktu yang lama.

2. Mempunyai banyak bloatware

Bloatware merupakan software atau aplikasi bawaan pabrik yang membutuhkan kapasitas memori cukup besar. Selain itu, aplikasi yang terpasang sangat tidak efisien karena jarang digunakan oleh pengguna. Banyaknya bloatware ini bisa mempengaruhi kinerja sistem menjadi lebih lambat. Namun tak perlu khawatir karena aplikasi tersebut bisa dinonaktifkan agar penyimpanan tak penuh.

3. Hasil foto malam hari kurang mendukung

Dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi bukan berarti membuat hasil gambar pada Poco X3 NFC selalu terlihat tajam. Jika menggunakan mode malam hasil foto yang dihasilkan tidak sebagus tidak terlalu memuaskan meskipun dari segi pencahayaan ia sudah cukup mumpuni. Selain itu, mode malam ini hanya tersedia di lensa utama saja sementara lensa lainnya tidak.

Berikut beberapa bukti foto dari Poco X3 NFC:

FAQ

Orang juga bertanya:

  • Apakah Poco X3 NFC HP gaming?
    Sebagai yang pertama dengan Snapdragon 732G yang dirancang untuk gaming, harga HP POCO X3 NFC rasanya pantas untuk disebut murah.
  • Berapa Harga Xiaomi Poco X3 NFC?Varian 6/64GB – Rp 3.099.000
    Varian 8/128GB – Rp 3.499.000

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia