Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10

Belakangan tahun ini, sudah beberapa kali Redmi mengeluarkan seri smartphone terbarunya. Salah satu yang menarik banyak perhatian para konsumen setianya adalah Redmi Note 10, yang telah dikeluarkan sejak April 2021.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa seri ini menjadi salah satu yang terbaik yang pernah dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

Jika anda berencana mengambil salah satu seri ini, berikut ini ada informasi mengenai kelebihan serta kekurangannya.

Spesifikasi Redmi Note 10

Body Dimensi 160,5 x 74,5 x 8,3 mm
Bobot 178,8 gr
Anti debu dan cipratan air (IP53)
Layar berlapis Gorilla Glass 3
Layar 6,43 inci
1080 x 2400 pixel
AMOLED
Chipset & OS Qualcomm Snapdragon 678
GPU Adreno 612
Android 11, MIUI 12
Memori 4GB RAM + 64GB ROM
Memori eksternal sampai 512GB
Kamera utama Quad camera 48 MP, f/1.8, 26mm (wide); 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
Perekaman video hingga [email protected]
Kamera depan Single camera 13 MP, f/2.5, (wide)
Perekaman video hingga [email protected]
Baterai 5.000 mAh
Fast charging 33W
Fitur Sensor sidik jari
Dual SIM
USB Type-C
Audio jack 3,5mm
Harga Rp 2.399.000

Editor terkait:

Kelebihan Redmi Note 10

1. Tampilan display yang nyaman dipandang

Layar Amoled yang disuguhkan dari smartphone ini menjadi salah satu keunggulannya. Didukung lagi dengan display layar dengan lebar 6.43 inchi, yang juga akan memberikan kenyamanan saat menggunakannya.

Dengan keunggulan tampilan display tersebut, sebuah gambar atau foto dapat dilihat kemudian diperbesar hingga 409 pixel per inchi.

Tidak hanya itu, mode baca yang akan merubah warna layar menjadi lebih kuning ini tersedia pada smartphone seri Redmi Note 10.

Dukungan fitur canggih satu ini dapat mengurangi efek radiasi yang disebabkan oleh cahaya biru pada layar smartphone atau gadget. Penggunaan mode baca ini dapat dengan mudah diaktifkan secara otomatis pada jam-jam tertentu.

2. Dilengkapi processor gahar keluaran terbaru

Keunggulan lain dari smartphone ini terletak pada processor yang digunakan, yakni dengan menggunakan chipset Qualcomm seri terbaru.

Menggunakan Snapdrgaon 678 Octa Core (11nm), tentunya tidak akan merepotkan anda saat membuka atau menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam tampilan satu layar.

Keunggulan Redmi Note 10 dari segi prosesnya juga hadir dengan CPU Kryo, yang memberikan kecepatan hingga 2.2 Ghz.

Dengan kecepatan lebih dari 2 Ghz tersebut, tentunya tidak perlu menunggu waktu beberapa detik untuk pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Perpaduan pas antara processor dengan CPU dari smartphone ini, menjadikannya banyak diminati oleh konsumen terutama anak muda.

Karena kedua hal tersebut dapat dikatakan sebagai otak dari sebuah smartphone, yang tentunya dapat menjadi sebuah patokan akan kualitas.

3. Daya baterai yang besar serta fitur fast charging

Fast charger

Fitur fast charging atau yang biasa dikenal dengan istilah pengisian cepat pada smartphone ini menjadi andalan bagi Redmi Note 10.

Kelebihan satu ini berguna bagi anda yang mempunyai banyak aktivitas padat sehari-hari, dan membutuhkan peran sebuah smartphone itu sendiri.

Tentu tak ketinggalan dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, yang mampu bertahan hingga dua sampai tiga hari dalam yang pemakaian wajar.

Baterai dengan kapasitas yang cukup besar ini bahkan mampu menarik perhatian para gamers moba, yang hobi menatap layar smartphone selama berjam-jam.

Dengan pengisian daya sebesar 33 watt, untuk mengubah 0% baterai menuju angka 50% hanya akan memerlukan waktu sekitar 25 menit.

Selain itu untuk pengisian daya penuh, cukup memakan waktu kurang lebih 1 jam hingga 70 menit saja.

Kecepatan pengisian daya ini tentu didukung oleh adanya fitur fast charging itu sendiri, yang hanya dimiliki oleh beberapa smartphone keluaran terbaru.

Editor terkait:

Kekurangan Redmi Note 10

1. Tidak didukung oleh fitur NFC

Fitur NFC

Ponsel pintar sekelas Redmi Note 10, ternyata masih memiliki kekurangan dalam hal menyediakan fitur penting yang banyak konsumen sebenarnya membutuhkan.

Salah satu fitur tersebut adalah NFC, yakni kecanggihan pada proses transfer data dengan melalui sebuah aplikasi bawaan pada smartphone.

Padahal kecanggihan fitur ini sudah banyak dihadirkan pada seri lawas Redmi sebelumnya.

Kekurangannya ini dapat menjadi titik kelemahan terbesar pada seri terbaru dari Redmi ini.

Karena kebutuhan para konsumen saat ini semakin banyak, dan salah satunya penggunaan fitur tersebut yang mampu mempersingkat dalam mengirim sebuah file.

Sangat disayangkan sekali jika masalah kecil seperti ini dapat terlewatkan oleh pihak Redmi.

Walaupun terdapat fitur lain seperti bluetooh atau USB connector yang dapat digunakan untuk transfer data, namun menggunakan NFC akan lebih mudah dan lebih cepat.

Selain itu, fitur tersebut seharusnya sudah ada dalam smartphone keren Redmi Note 10 ini, mengingat harga jualnya yang mencapai nilai Rp2.000.000 – Rp3.000.000.

2. Kualitas lensa kamera yang dapat menurun

Walaupun keunggulannya dalam segi processor patut diacungi jempol, namun berbeda halnya jika sudah membahas soal kualitas kameranya.

Smartphone seri ini memang tidak diperuntukan bagi para penikmat lensa kamera, jadi jangan berharap lebih pada kualitas kamera depan maupun kamera belakangnya.

Pada seri Redmi Note 10 ini, lensa pada kamera belakangnya sering mengalami masalah yang serius.

Yakni melemahnya sensor makro pada kamera, yang merupakan salah satu hal penting untuk mengambil sebuah gambar dengan jarak yang cukup dekat.

Dan yang menjadi kabar buruknya lagi, pihak Redmi belum memberikan layanan auto fokus pada serinya satu ini.

3. Kapasitas RAM/ROM yang masih kecil

Jika mengingat performa chipset yang telah diberikan oleh smartphone seri baru satu ini, maka selayaknya penyimpanan RAM/ROM memiliki kualitas yang lebih besar.

Kurang pantas rasanya jika spesifikasi gahar dari chipsetnya, ternyata tidak didukung oleh kapasitas penyimpanan.

Dengan hanya memberikan kualitas penyimpanan 6/64 GB pada setiap smartphonenya, maka seharusnya seri ini mengeluarkan beberapa pilihan penyimpanan yang lebih besar.

Karena keunggulan chipsetnya akan lebih baik lagi jika didukung dengan kapasitas RAM/ROM yang lebih besar.

Karena Redmi Note 10 ini merupakan incaran bagi para gamers atau penikmat smartphone berkualitas gahar.

Oleh karena itu, seri ini akan terasa kurang lengkap jika hanya memberikan kapasitas penyimpanan yang masih terbilang kecil tersebut.

FAQ

Orang juga bertanya:

  • Xiaomi Note 10 harganya berapa?
    Di Indonesia, harga Redmi Note 10 dibanderol hanya Rp 2.399.000.
  • Apakah Redmi Note 10 sudah 5G?
    Ponsel seri Note terbaru telah mendukung jaringan 5G yakni Redmi Note 10.
  • Apakah Redmi Note 10 bagus?
    Redmi Note 10 hadir dengan chipset kelas menengah yaitu Snapdragon 678 dari Qualcomm. Sedangkan pada pengujian benchmark, Redmi Note 10 mendapatkan skor yang cukup bagus.
  • Kapan Redmi Note 10 5G rilis di indonesia?
    Redmi Note 10 5G tertulis dengan nomor model M2103K19PG per tanggal 14 April 2021.
  • Apakah Redmi Note 10 Tahan Air?
    Ya, tahan terhadap percikan Air.
  • Dimana letak sidik jari Redmi Note 10?
    Meski sudah mengadopsi panel AMOLED, Redmi Note 10 Series masih menggunakan pemindai sidik jari (fingerprint scanner) di sisi samping bodi ponsel.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Smartphone Xiaomi atau konten menarik lain di Jurnal Indonesia